Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/2015 / Bisri Saekhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/2015 / Bisri Saekhoni

Saekhoni, Bisri (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/2015 / Bisri Saekhoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saekhoni Bisri. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas VIII MTsN Aryojeding. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Kata Kunci Kemampuan komunikasi matematis tulis kooperatif tipe STAD sistem persamaan linier dua variabel. Kemampuan komunikasi matematis tulis merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa pada pretes LKS post test serta data dari observer I dan II. Peneliti menggunakan observasi foto lembar observasi dan catatan lapangan. Menurut hasil observasi dan wawancara masih banyak siswa kelas VIII MTsN Aryojeding yang masih kesulitan dalam mengungkapkan dan menuliskan gagasan matematisnya pada mata pelajaran sistem persamaan linier dua variabel. Terlihat dari hasil wawancara beberapa siswa sebenarnya memahami konsep penyelesaian dari suatu permasalahan SPLDV tersebut akan tetapi banyak dari siswa masih bingung dalam memulai ragu dan kurang percaya diri terhadap pengetahuan mereka sehingga peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki pembelajaran. Pembelajaran dimulai dengan persiapan di dalamnya guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta materi prasyarat mempelajari SPLDV. Langkah kedua guru menyajikan materi SPLDV secara singkat ketiga siswa diminta belajar bersama kelompoknya untuk mengerjakan LKS SPLDV dengan kemampuan individu masing-masing terlebih dahulu kemudian saling bantu antar anggota kelompok. Langkah keempat guru memberikan tes individu untuk mengetahui perkembangan individu siswa dalam mempelajari materi SPLDV. Langkah terakhir guru dan siswa memberikan penghargaan kepada tiga kelompok dengan nilai terbaik dengan meminta anggota berdiri serta memberikan tepuk tangan serta memberikan kelompok lain semangat untuk bersaing. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan siswa merepresentasikan/memodelkan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel ke dalam bentuk matematis menuliskan notasi lambang serta grafik dengan tepat menuliskan gagasan/ide penyelesaian dengan teratur dan tepat hingga kesimpulan jawaban yang benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110851

Actions (login required)

View Item View Item