Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembnelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada materi volume kubus / Inggit Latih Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembnelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada materi volume kubus / Inggit Latih Nilasari

Nilasari, Inggit Latih (2017) Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembnelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada materi volume kubus / Inggit Latih Nilasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nilasari Inggit Latih. 2017. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD Al Ikhlash Lumajang pada Materi Volume Kubus. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (2) Dr. Sisworo M.Si Kata Kunci Realistic Mathematic Education (RME) pemahaman volume kubus Berdasarkan hasil wawancara dan observasi selama mengajar di SD Al Ikhlash Lumajang materi volume bangun ruang merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ulangan harian pada materi volume bangun ruang hampir 50% siswa mendapatakan nilai dibawah KKM yaitu 70. Kesulitan siswa tersebut karena siswa kurang memahami soal yang diberikan oleh guru. Selain itu juga karena pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru dan pembelajaran sering dilakukan dengan proses menjelaskan memberikan contoh soal dan memberikan latihan soal kepada siswa. Pembelajaran seperti ini membuat siswa mudah bosan sehingga menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu desain pembelajaran matematika yang menarik dan membuat siswa memahami materi volume bangun ruang khusunya materi volume kubus. Pembelajaran matematika di kelas difokuskan bagaimana langkah-langkah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan pemahaman siswa SD Al Ikhlash Lumajang pada materi volume kubus. Pembelajaran matematika dengan pendekatan RME merupakan pembelajaran dengan diawali mengenalkan siswa pada permasalahan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dibayangkan oleh siswa. Siswa mencoba menyelesaikan permsalahan tersebut dengan menggunakan pengalamannya sendiri. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengembangan tindakan 4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan di SD Al Ikhlash Lumajang di kelas VB dengan subjek penelitian 15 anak. Pembelajaran dengan pendekatan RME meliputi beberapa langkah yaitu 1) mengenalkan masalah kontekstual 2) memberikan masalah kontekstual 3) menyelesaikan masalah secara individu 4) menyelesaikan masalah secara berkelompok 5) membuat kesimpulan . Keberhasilan penelitian ditentukan oleh hasil observasi guru dan siswa serta hasil tes pemahaman siswa. Berdasarkan hasil observasi siswa dan guru menunjukkan kriteria baik . Hasil tes pemahaman siswa menunjukkan terjadi peningkatan hasil tes dari siklus I 73 33% menjadi 86 67% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Al Ikhlash Lumajang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110849

Actions (login required)

View Item View Item