Identifikasi tentang konsepsi jarak dalam dimensi tiga dari siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Elisa Dewi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tentang konsepsi jarak dalam dimensi tiga dari siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Elisa Dewi Puspitasari

Puspitasari, Elisa Dewi (2017) Identifikasi tentang konsepsi jarak dalam dimensi tiga dari siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Elisa Dewi Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Elisa D. 2017. Identifikasi Tentang Konsepsi Jarak Dalam Dimensi Tiga Dari Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. I Nengah Parta M.Si Kata kunci konsepsi jarak dimensi tiga Konsepsi memiliki peranan penting untuk mengungkapkan ide atau gagasan seseorang tentang objek matematis. Salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan menyelesaikan masalah dalam dimensi tiga adalah ketidaktepatan konsepsi mereka tentang jarak. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi konsepsi jarak dalam dimensi tiga dari siswa kelas XI SMAN 8 Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konsepsi jarak antara dua titik jarak antara titik dan garis dan jarak antara titik dan bidang ditinjau dari aspek operator representasi dan kontrol struktur siswa dalam menyelesaikan masalah jarak. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Pada penelitian ini peneliti merupakan instrumen utama. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas XI SMAN 8 Malang yang dipilih dengan kriteria memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan berkomitmen untuk menjadi subjek penelitian. Data penelitian ini adalah hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal tes tentang jarak dalam dimensi tiga. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi peneliti menggunakan perekam video dan protokol wawancara. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa beberapa konsepsi jarak dalam dimensi tiga. Konsepsi jarak antara dua titik dari siswa antara lain bahwa jarak antara dua titik direpresentasikan sebagai panjang hipotenusa dari segitiga siku-siku dan penentuan jaraknya menggunakan operator teorema Pythagoras. Konsepsi jarak antara titik dan garis dari siswa antara lain bahwa jarak antara titik dan garis direpresentasikan sebagai tinggi dari suatu segitiga dan penentuan jaraknya selain menggunakan teorema Pythagoras juga melibatkan aturan cosinus perbandingan trigonometri sinus. Konsepsi jarak antara titik dan bidang dari siswa antara lain bahwa jarak antara titik dan bidang direpresentasikan sebagai tinggi dari suatu limas segitiga dan penentuan jaraknya selain menggunakan operator teorema Pythagoras juga melibatkan aturan cosinus perbandingan trigonometri tangen konsep garis tinggi dan garis berat segitiga dan kesamaan luas segitiga. Beberapa kesalahan konsepsi dilakukan siswa pada aspek representasi dan kontrol struktur. Pada aspek representasi misalnya siswa masih menotasikan jarak sebagai notasi ruas garis gambar jarak yang berhimpit dengan ruas garis yang lain. Pada aspek kontrol struktur siswa sering mengabaikan sifat ketegaklurusan pada penentuan jarak antara titik dan garis dan jarak antara titik dan bidang. Siswa sering terkecoh dengan representasi geometris yang mereka buat sehingga siswa belum melakukan menjustifikasi ketegaklurusan antara ruas garis dan garis atau ketegaklurusan antara ruas garis dan bidang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110848

Actions (login required)

View Item View Item