Interferensi berpikir yang dialami siswa pada materi aturan perkalian dan aturan penjumlahan pada peluang / Ahmad Masroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Interferensi berpikir yang dialami siswa pada materi aturan perkalian dan aturan penjumlahan pada peluang / Ahmad Masroni

Masroni, Ahmad (2017) Interferensi berpikir yang dialami siswa pada materi aturan perkalian dan aturan penjumlahan pada peluang / Ahmad Masroni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masroni. Ahmad 2017. Interferensi Berpikir yang Dialami Siswa pada Materi Aturan Perkalian dan Aturan Penjumlahan pada Peluang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci interferensi berpikir aturan perkalian aturan penjumlahan Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interferensi yang dialami siswa pada materi aturan perkalian dan aturan penjumlahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Batu. Pada penelitian ini siswa diminta untuk menyelesaikan masalah aturan perkalian dan aturan penjumlahan. Peneliti mengelompokkan penyelesaian siswa berdasarkan indikator interferensi berpikir siswa yaitu menyelesaikan masalah aturan perkalian dengan aturan penjumlahan dan menyelesaikan masalah aturan penjumlahan dengan aturan perkalian. Sebanyak 2 orang siswa dari masing-masing kelompok siswa yang menyelesaikan masalah aturan perkalian dengan aturan penjumlahan dan kelompok siswa yang menyelesaikan masalah aturan penjumlahan dengan aturan perkalian dipilih sebagai subyek. Apabila subyek telah terpilih maka dilanjutkan ke tahap wawancara untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aturan perkalian atau masalah aturan penjumlahan. Apabila data sudah cukup maka dilanjutkan ke tahap analisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aturan perkalian terjadi karena adanya hambatan penarikan informasi tentang aturan perkalian. Hal ini disebabkan karena informasi tentang aturan perkalian yang ditarik bercampur dengan informasi yang berkaitan tentang aturan penjumlahan. Interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aturan penjumlahan terjadi karena adanya hambatan penarikan informasi penggunaan aturan penjumlahan. Hal ini disebabkan karena informasi aturan penjumlahan yang ditarik bercampur dengan pemahaman tentang penggunaan permutasi. Informasi yang berkaitan dengan aturan permutasi lebih mengarahkan siswa pada penarikan aturan perkalian dari pada aturan penjumlahan. ABSTRACT Masroni. Ahmad 2017. Learners Thinking Interference in Product and Sum Rule Materials on Probability Topic. Thesis. Mathematics Education Department Postgraduate. State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci thinking interference product rules sum rules The aim of this study is to describe thinking interference encountered by learners corresponding to product rule and sum rule. This approach used in this study is qualitative approach. The sources of data of this study are students class XI IPA SMAN 2 Batu. At this time the students are required to accomplish questions dealing with product rule and sum rule. Researcher grouped learners answer based on indicators of learner s thinking interference overcoming problem of product rules by sum rule and vice versa. There were two learners from every group who did answering question of product rule with sum rule and vice versa chosen as subjects. Done with the subjects it moves to interview session to know learners thinking process and to accomplish product rule and sum rule problem. After done with data it deals with data analysis. The result shows learner s thinking interference in resolving problem with product rule occured because there is an information gap about product rule. This happens because there is over lapping information between product rule and sum rule information. Again learner s thinking interference occures because there is misinformation about the use of sum rule. In conclusion this problem happens because there is overlapping information between sum rule and understanding about permutation. The information related to the permutation system much more maneuvers on product rule instead of sum rule.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110846

Actions (login required)

View Item View Item