Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APH 2 SMKN 1 Kota batu pada materi Matriks / Heru Sudjatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APH 2 SMKN 1 Kota batu pada materi Matriks / Heru Sudjatmiko

Sudjatmiko, Heru (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APH 2 SMKN 1 Kota batu pada materi Matriks / Heru Sudjatmiko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sudjatmiko Heru 2017 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas X APH 2 SMKN 1 Batu pada Materi Matriks. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci Think Pair Share Multimedia Matriks Banyak siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit. Jika seseorang awalnya sudah menganggap matematika itu sulit maka jelas akan mempengaruhi hasil belajarnya siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan didukung oleh multimedia yang baik merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Multimedia dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran lebih efektif dan menarik bagi siswa untuk belajar. Dengan demikian pembelajaran kooperatif TPS dengan didukung multimedia yang baik merupakan salah satu solusi untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) yang didukung oleh film tutorial. Penelitian dilakukan dalam tahapan perencanaan (planing) tindakan dan observasi (action dan observation) dan refleksi (reflektion). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X APH 2 SMKN 1 Batu yang berjumlah 32 pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan materi matriks. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) tentang penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APH 2 SMKN 1 Batu pada materi matriks dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan multimedia dilakukan melalui 3 tahapan yaitu (1) Think merupakan kegiatan awal siswa untuk menyelesaikan persoalan awal mempelajari film tutorial berisikan materi matriks dan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru secara mandiri (2) Pair merupakan kegiatan siswa untuk berdiskusi dengan pasangannya untuk membahas materi yang sudah dipelajarinya atau hasil jawabannya untuk soal LKS yang dikerjakan pada tahap Think. Selain itu siswa diminta untuk mengerjakan soal LKS bersama pasangannya (3) Share merupakan ajang untuk bertukar pikiran atau berdiskusi antara kelompok penyaji dengan siswa yang tidak mendapat tugas untuk presentasi. Penerapan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan multimedia dapat meningkatnya hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang masuk katagori tuntas pada siklus II. Berdasarkan data nilai tes akhir siklus II presentase jumlah siswa yang masuk katagori tuntas adalah 71 9% atau meningkat 24 9% jika dibandingkan dengan data nilai ujian akhir semester ganjil 2016 (UAS). ABSTRACT Sudjatmiko Heru 2017 The Application of Think Pair Share (TPS) Cooperative Learning Supported Multimedia to Increase Student Learning Outcomes at Class X-APH 2 SMKN 1 Batu City on Matrix Topic. Thesis Mathematics courses Postgraduate Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si keyword Think Pair Share Multimedia Matrix Many students assume that mathematics is the most difficult subject. If someone already assumed that is hard then it will obviously affect the results of student learning. To overcome these problems teacher should have creativity in choosing model of learning that can make learning into meaningful for students. Cooperative learning Think Pair Share (TPS) and backed by supported multimedia is the right solution for improving student learning outcomes. Multimedia can be used to support more effective and interisting learning for students to learn. Thus the cooperative learning TPS with a good multimedia support is one solution to help students improve learning outcomes. The research is the class action research (PTK) which aims to describe the application of learning cooperative Think Pair Share (TPS) supported by tutorial film. The research was done the phase planing action dan observation and reflection. The subject of this research is student of X APH 2 SMKN 1 Batu City Which totaled 32 in the year a lesson 2016/2017 with the matrix material. Based on the class action research (PTK) on the application of learning cooperative Think Pair Share (TPS) Supported multimedia for increasing the learning outcomes of students X APH 2 SMKN 1 Batu to the material matrix can be concluded that the implementation of learning cooperative Think Pair Share (TPS) done through 3 steps namely (1) Think Is an early activity of students to solve the initial problem of studying the tutorial film containing matrix material and working on the questions given by teacher independently (2) Pair is student activity to discuss with her partner to discuss the material he has learned or the answer to questions in the book (LKS) done at the step think. In addition students are asked to work on questions in the book (LKS) with their partner (3) Share was an event to share their views or discuss between the group of presenter with students who are not given the task of the presentation. The application of learning cooperative Think Pair Share (TPS) supported multimedia can increase the students result. This is shown to the increasing number of students who come categories were completed in cycle II. Based on the data test scores the end of cycle II the percentage the number of students who come categories be completed is 71 9% or An increase of 24 9% when compared with the final test data of the odd semester of 2016 (UAS).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110845

Actions (login required)

View Item View Item