Pemberian scaffolding bagi siswa SMP kelas VIII yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika PISA / Zella Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian scaffolding bagi siswa SMP kelas VIII yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika PISA / Zella Novita

Novita, Zella (2017) Pemberian scaffolding bagi siswa SMP kelas VIII yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika PISA / Zella Novita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novita Zella 2017. Pemberian Scaffolding bagi Siswa SMP Kelas VIII yang Melakukan Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika PISA. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hery Susanto M.Si (II) Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci Letak kesalahan Penyebab Kesalahan Masalah Matematika PISA Scaffolding Pada kehidupan sehari-hari seringkali dijumpai masalah yang berkaitan dengan matematika. Dalam pembelajaran matematika masalah tersebut disebut sebagai masalah kontekstual. Hal itu menunjukkan bahwa salah satu tujuan belajar matematika adalah melatih siswa untuk menghadapi masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. Masalah kontekstual ini salah satunya terdapat pada masalah matematika PISA (Programme for International Student Assessment). PISA merupakan program asesmen yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa pada bidang matematika sains dan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil survei asesmen PISA pada beberapa tahun terakhir Indonesia menduduki peringkat bawah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika PISA masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dan penyebabnya dalam menyelesaikan masalah matematika PISA yang ditinjau berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah Polya yaitu memahami masalah memikirkan rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan melakukan pengecekan ulang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 siswa. Pemilihan subjek ini berdasarkan jawaban siswa yang salah dan proses pengerjaannya sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian masalah Polya. Subjek tersebut diantaranya satu subjek melakukan kesalahan dalam memahami masalah dan tiga subjek melakukan kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian. Pada langkah memikirkan rencana penyelesaian dan melakukan pengecekan tidak diperoleh subjek. Data kesalahan yang dilakukan siswa diperoleh dari hasil tes penyelesaian soal PISA berjudul Menjual Koran . Kesalahan tersebut diklasifikasikan berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya dan untuk selanjutnya dilakukan scaffolding. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Kesalahan yang dilakukan siswa dan penyebabnya dalam memahami masalah adalah siswa kurang lengkap dalam menuliskan informasi dan siswa tidak menuliskan pertanyaan yang disebabkan oleh ketidakcermatan siswa dalam membaca informasi. Scaffolding yang diberikan berupa looking touching dan verbalizing. Hal ini dapat membuat siswa menyadari kesalahannya sehingga siswa dapat menuliskan informasi soal dengan lengkap. Kesalahan pada melaksanakan rencana penyelesaian ini terdiri dari tiga kesalahan yaitu kesalahan membuat model matematis kesalahan menyelesaikan model matematis dan kesalahan menghitung hasil akhir Kesalahan siswa dalam membuat model matematis dengan benar disebabkan oleh ketidakmampuan siswa mengaitkan soal dengan konsep matematika yang telah dipelajari. Scaffolding yang diberikan berupa probing question (pertanyaan penyelidikan) mengarahkan siswa untuk menulis model matematika. Kesalahan dalam menyelesaikan model matematis disebabkan oleh ketidaktelitian siswa. Scaffolding yang diberikan berupa pertanyaan pancingan dan pemberian soal yang lebih sederhana. Kesalahan dalam menghitung hasil akhir disebabkan siswa terburu-buru. Sikap terburu-buru tersebut membuat siswa tidak teliti dalam menghitung hasil akhir. Scaffolding yang diberikan berupa pertanyaan dan bimbingan yang memicu siswa untuk refleksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110844

Actions (login required)

View Item View Item