Ma'rifah, Nurul (2017) Analisis kemampuan representasi dan keterampilan metakognitif dalam memecahkan masalah matematika / Nurul Ma'rifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ma rifah Nurul. 2017. Analisis Kemampuan Representasi dan Keterampilan Metakognitif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata kunci Kemampuan Representasi Keterampilan Metakognitif Masalah Matematika Pemecahan Masalah Kemampuan representasi matematis merupakan kecakapan atau potensi seseorang dalam mengomunikasikan ide-ide atau gagasan-gagasan matematis sebagai upayanya untuk memperoleh solusi dari suatu masalah yaitu representasi visual simbolik dan verbal. Aktivitas mental juga erat kaitannya dengan metakognitif yaitu kesadaran seseorang dalam mengatur dan mengontrol proses berpikirnya ketika menyelesaikan masalah antara lain keterampilan planning monitoring dan evaluating. Oleh karenanya pemecahan soal-soal non rutin menuntut penggunaan representasi dan metakognitif agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis dan keterampilan metakognitif dari 6 siswa dalam memecahkan masalah matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Keenam subjek tersebut ditentukan melalui tes awal yang mewakili tiga kategori yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi (S1 dan S2) sedang (S3 dan S4) dan rendah (S5 dan S6). Data dikumpulkan melalui tes tertulis kuesioner penilaian sendiri keterampilan metakognitif dan wawancara. Penelitian ini berlangsung pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 yang bertempat di SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil analisis data dari keenam subjek ditemukan bahwa a) subjek S1 dapat membuat representasi visual dan representasi simbolik dan suah banyak yang tepat sedangkan representasi verbal S1 dapat membuat representasi verbal namun banyak yang salah. Selain itu keterampilan metakognitif S1 terkhusus pada keterampilan planning hanya memenuhi tiga indikator namun pada keterampilan monitoring dua indikator yang terpenuhi serta satu indikator pada keterampilan evaluating. b) subjek S2 dapat membuat representasi visual dan simbolik namun masih banyak yang salah dan dapat membuat representasi verbal dan sudah banyak yang tepat sedangkan subjek S3 dapat membuat representasi visual simbolik dan sudah banyak yang tepat kemudian sudah dapat membuat representasi verbal namun banyak yang salah. Meskipun demikian keterampilan metakognitif kedua subjek tersebut berbeda karena keterampilan monitoring S2 memenuhi dua dari tiga indikator sedangkan S3 hanya memenuhi satu indikator. keterampilan planning kedua subjek tersebut sama yaitu memenuhi tiga indikator begitu juga keterampilan evaluating sama-sama hanya memenuhi satu indikator. c) kemampuan representasi dari subjek S4 S5 dan S6 yaitu sama-sama dapat membuat representasi visual namun masih banyak yang salah selain itu sama-sama tidak dapat membuat representasi verbal dan subjek S5 S6 dapat membuat representasi simbolik namun masih banyak yang salah sedangkan subjek S4 dapat membuat representasi simbolik dan sudah banyak yang tepat. Keterampilan metakognitif dari ketiga subjek tersebut menunjukan perbedaan keterapilan monitoring S4 memenuhi dua indikator sedangkan S5 dan S6 sama-sama memenuhi satu indikator. Pada keterampilan planning ketiga subjek memenuhi tiga dari empat indikator namun pada keterampilan evaluating S4 memenuhi satu indikator sedangkan S5 dan S6 tidak memenuhi semua indikator tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110843 |
Actions (login required)
View Item |