Interferensi berpikir siswa SMA pada materi permutasi dan kombinasi / Williza Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Interferensi berpikir siswa SMA pada materi permutasi dan kombinasi / Williza Yanti

Yanti, Williza (2017) Interferensi berpikir siswa SMA pada materi permutasi dan kombinasi / Williza Yanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yanti Williza. 2017. Interferensi Berpikir Siswa SMA pada materi Permutasi dan Kombinasi. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara (II) Dr. Abd. Qohar M.T Kata kunci interferensi permutasi kombinasi siswa SMA Siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan penggunaan konsep antara permutasi dan kombinasi. Seperti yang terjadi pada siswa di SMAN 1 Gambut kelas XII IPA dengan cara memberikan soal tentang materi permutasi dan kombinasi. Ketika mengerjakan soal permutasi dan kombinasi setelah diperiksa ada 20 orang yang menjawab benar 8 orang yang menjawab salah namun di dalam 8 orang tersebut ditemukan 4 orang yang memiliki jawaban yang terindikasi mengalami interferensi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan terjadinya interferensi berpikir siswa SMA pada materi permutasi dan kombinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Gambut. Pemilihan subjek ini berdasarkan hasil tes interferensi dan wawancara. Siswa menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan cara permutasi secara keseluruhan atau siswa meyelesaikan soal permutasi dan kombinasi dengan cara kombinasi keseluruhan. Instrumen yang digunakan antara lain peneliti (sebagai instrumen utama) tes dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa subjek mengalami interferensi berpikir dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi. Dalam penelitian ini ada 4 subjek yang mengalami interferensi dari subjek tersebut 2 orang mengalami interferensi proaktif dan 2 orang mengalami interferensi retroaktif yang mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam menjawab menjawab soal. Terjadinya interferensi pasa siswa SMA pada materi permutasi dan kombinasi ditandai dengan siswa mengerjakan soal permutasi dengan cara kombinasi dan siswa mengerjakan soal kombinasi dengan cara permutasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110841

Actions (login required)

View Item View Item