Pengembangan tes diagnostik untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung berdasarkan taksonomi Bloom / Anggita Oktaviana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes diagnostik untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung berdasarkan taksonomi Bloom / Anggita Oktaviana Putri

Putri, Anggita Oktaviana (2017) Pengembangan tes diagnostik untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung berdasarkan taksonomi Bloom / Anggita Oktaviana Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Anggita Oktaviana. Pengembangan Tes Diagnostik untuk Mengetahui Letak Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Taksonomi Bloom. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si (2) Dr. Abadyo M.Si Kata Kunci Diagnosis Kesulitan Tes Diagnosis Taksonomi Bloom Bangun Ruang Sisi Lengkung Penguasaan ilmu matematika merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan peradaban manusia. Namun faktanya sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil ujian nasional SMP 2014/2015 menunjukkan bahwa penguasaan materi geometri paling rendah dibandingkan materi matematika lainnya. Hal ini sesuai dengan hasil studi pendahuluan pada siswa SMP Negeri 1 Donomulyo yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika geometri khususnya materi bangun ruang sisi lengkung. Fakta tersebut ditunjukkan dari pencapaian nilai 28 orang siswa yang diberi tes awal. Siswa yang diberi tes awal tersebut memiliki rata-rata nilai 40 dari skala penilaian 1-100. Kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika harus segera dibenahi karena akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Diagnosis kesulitan belajar siswa adalah salah satu upaya untuk mengetahui letak kesulitan siswa. Diagnosis dapat dilakukan dengan memberikan tes diagnostik sehingga kelemahan-kelemahan siswa dapat diketahui. Namun sekolah seringkali tidak mempunyai instrumen tes diagnostik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa tes diagnostik yang dapat digunakan untuk mengetahui letak kesulitan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek uji coba kelompok besar pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Donomulyo sejumlah 27 orang siswa yang telah mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung. Soal tes diagnostik yang dikembangkan berdasarkan pada tingkatan kognitif taksonomi Bloom yang telah direvisi yaitu mengingat memahami menerapkan menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Pengembangan produk tes diagnostik menggunakan langkah pengembangan Plomp yaitu 1) fase penelitian awal 2) fase pengembangan dan 3) fase assesmen. Produk tes diagnostik memiliki kriteria valid reliabel serta dilengkapi dengan analisis tingkat kesukaran dan daya beda. Kriteria valid dan reliabel didapat dari uji analisis validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar dari 30 soal yang dikembangkan terdapat 8 soal yang tidak valid dan diperoleh koefisien reliabilitas tes sebesar 0 8398. Dari uji tingkat kesukaran terdapat 37% soal kategori mudah 53% soal kategori sedang dan 10% soal kategori sukar. Kemudian proporsi soal dari uji daya beda diperoleh daya beda baik sebesar 3% daya beda cukup sebesar 40% dan daya beda buruk sebesar 57%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110839

Actions (login required)

View Item View Item