Setiyoko, Ambar (2017) Penggunaan cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita pada konsep pecahan di kelas 4 SDKr. Charis Malang / Ambar Setiyoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiyoko Ambar. 2017. Penggunaan Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Konsep Pecahan di Kelas 4 SDKr Charis Malang Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing(I) Prof.Drs.H.Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr.Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci Cerita bergambar soal cerita pecahan kesalahan konseptual Salah satu kesulitan siswa dalam pembelajaran Matematika adalah menyelesaikan soal cerita. Dalam penyeledikan awal ditemukan bahwa kesulitan siswa dimulai dari ketidakmampuan siswa dalam memahami soal dan menghubungkan soal dengan konsep Matematika. Kemampuan siswa dalam memahami soal cerita terkait dengan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan kemampuan siswa dalam menghubungkan soal cerita dengan konsep Matematika terkait dengan kedalaman pemahaman siswa terhadap konsep Matematika yang diajarakan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita maka dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan cerita bergambar. Tujuan dari tindakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penyelesaian soal cerita dan dapat menolong siswa dalam membangun konsep pecahan yang dimasukkan dalam cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tindakan berupa penggunaan cerita bergambar dalam pembelajaran konsep pecahan. Cerita bergambar dalam tindakan ini ditampilkan dalam bentuk sederhana dan sekaligus menjadi LKS siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4 SDKr Charis Malang tahun ajaran 2016/2017. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita diukur berdasarkan hasil kuis dan tes akhir siklus. Pada siklus pertama ditemukan bahwa sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal pecahan yang bukan soal cerita dengan baik namun dalam soal cerita masih ditemukan siswa yang masih kesulitan untuk memahami maksud soal yang diberikan. Untuk melihat konsistensi keberhasilan tindakan dalam memahamkan konsep selanjutnya maka dilakukan siklus ke 2. Pada siklus ke dua dilakukan sedikit perubahan tindakan yaitu dengan menghilangkan aktivitas tambahan memotong dan menempel kertas peraga pada siklus pertama dan hanya memfokuskan pada tindakan pemberian cerita bergambar. Pada siklus ke dua didapatkan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita walaupun masih terdapat beberapa siswa yang melakukan kesalahan konseptual terkait pecahan senilai. Berdasarkan temuan pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar dalam mengajarkan konsep matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan membangun konsep pecahan dan pecahan senilai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110837 |
Actions (login required)
View Item |