Pendekatan saintifik dengan strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk memahamkan konsep materi nilai mutlak / Aswinda Ria Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan saintifik dengan strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk memahamkan konsep materi nilai mutlak / Aswinda Ria Agustin

Agustin, Aswinda Ria (2017) Pendekatan saintifik dengan strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk memahamkan konsep materi nilai mutlak / Aswinda Ria Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Aswinda Ria. 2017. Pendekatan Saintifik dengan Strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Memahamkan Konsep Materi Nilai Mutlak. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M. Ed. Ph.D. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci Pendekatan Saintifik POGIL Nilai Mutlak Materi nilai mutlak merupakan materi yang baru dibelajarkan pada tingkat SMA untuk siswa kelas X. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa siswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal terkait materi nilai mutlak dalam proses pembelajaran matematika. Kelemahan memahami konsep materi nilai mutlak salah satunya disebabkan oleh seringnya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran. Dengan demikian strategi pembelajaran yang digunakan kurang memberi kesempatan dalam membangun konsep dan aktif berdiskusi. Untuk itu perlu dipilih pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dapat dioptimalkan kemampuan belajarnya sehingga dapat memahami konsep dengan baik. Pendekatan saintifik dengan strategi POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) diharapkan dapat memenuhi tujuan tersebut. Peneliti menjawab permasalahan di atas dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lawang pada kelas X MIA 6 tahun pelajaran 2015/ 2016 dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dapat memahamkan konsep materi nilai mutlak yaitu (1) mengamati objek atau permasalahan yang diberikan pada tahap orientasi (2) mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan pada tahap eksplorasi (3) menggali informasi pada tahap eksplorasi (4) mengasosiasi untuk membuat pola atau hubungan pada tahap pembentukan konsep (5) memperkuat dan memperluas konsep pada tahap aplikasi dan (6) mengomunikasikan hasil diskusi pada tahap closure. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dapat memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam 2 siklus pembelajaran. Kemampuan siswa dalam memahami konsep materi nilai mutlak ditunjukkan dengan persentase ketuntasan skor tes akhir siklus 2 adalah 77 78% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan. Di samping itu hasil observasi kegitan guru dan siswa pada kedua siklus juga masuk dalam kategori baik . Dari hasil penelitian diperoleh indikasi bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan strategi POGIL masih memerlukan waktu lebih banyak dibandingkan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu manajemen waktu dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut perlu dibuat secara cermat utamanya dalam tahap eksplorasi dan closure yang memuat kegiatan diskusi kelompok dan diskusi kelas (presentasi). ABSTRACT Agustin Aswinda Ria. 2017. Scientific Approach with Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Strategy to Understand The Concept of Absolute Value Material. Thesis. Mathematics Education Program Post Graduate. State University of Malang. Supervisor (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M. Ed. Ph.D. (II) Dr. Sisworo M.Si. Keywords Scientific Approach POGIL Absolute Value Absolute value material is newly learned material at the high school level for grade X students. Based on the preliminary study results obtained data that students often face difficulties in understanding and solving problems related to absolute value in the learning process of Mathematics. The weakness of understanding the concept of absolute value one of which is caused by the frequent use of lecture methods in learning. Thus the learning strategy used gives less opportunity to build concepts and actively discuss. For that we need to choose the appropriate approach and learning strategy in order to students can be optimized their learning ability so that they can understand the concept well. A scientific approach with the POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) strategy is expected to meet that purpose. The researcher answers that problems by conducting classroom action research which aims to improve the practice of learning. Each cycle consists of four stages (1) planning (2) implementation of action (3) observation and (4) reflection. This research was conducted at SMA Negeri 1 Lawang in class X MIA 6 in 2015/2016 lesson with the research subject are 36 students. The result of the research indicates that the implementation of learning that can comprehend absolute value concept is (1) observing the object or problem given in the orientation stage (2) questioning based on the observation at the exploration stage (3) gathering information at the exploration stage 4) associate to create patterns or relationships at the stage of concept formation (5) strengthen and expand the concept at the application stage and (6) communicating the results of the discussion at the closure stage. In practice this study can meet the success criteria set out in two learning cycles. The ability of students to understand the concept of absolute value is indicated by the percentage of completeness of the final test score of cycle 2 is 77.78% and has met the success criteria. In addition the observation results of teacher and student activity on both cycles also fall into the good category. From the results of research obtained an indication that learning through a scientific approach with POGIL strategy still require more time than conventional learning. Therefore time management in the implementation of the learning needs to be made carefully in the main stage of exploration and closure which includes group discussion and class discussion (presentation).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110836

Actions (login required)

View Item View Item