Yanti, Jasmi Nelda Fitri (2017) Pengembangan buku ajar siswa berbantu media manipulatif untuk melatih kemampuan siswa smp dalam memecahkan masalah volume bangun ruang sisi datar / Jasmi Nelda Fitri Yanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yanti Jasmi Nelda Fitri. 2017. Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbantu Media Manipulatif untuk Melatih Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Volume Bangun Ruang Sisi Datar Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M. Sc. (II) Drs. Dwiyana. M.Pd. Ph.D. Kata Kunci Buku Ajar Siswa Media Manipulatif Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis peneliti pada buku ajar yang digunakan di SMP Arrohmah Puteri. Secara umum buku tersebut bagus namun memiliki beberapa kelemahan. Di antara kelemahan buku ajar tersebut adalah 1) adanya kelemahan terhadap beberapa soal di dalam buku ajar 2) minimnya contoh soal untuk memantapkan pemecahan masalah matematika 3) tidak ada kunci jawaban dan 4) buku tersebut kurang bisa memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar siswa berbantu media manipulatif untuk membantu melatih kemampuan pemecahan masalah yang valid praktis dan efektif. Metode dan Model pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari penelitian awal tahap prototip dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Ar-Rohmah Puteri pada tahun ajaran 2016-2017. Hasil prototip penelitian ini adalah buku ajar siswa media manipulatif RPP dan tes penguasaan buku siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah untuk melihat kevalidan prototip melalui lembar validasi pada buku ajar media manipulatif RPP dan tes penguasaan buku ajar. Kepraktisan buku ajar dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan buku ajar. Sedangkan keefektifan buku ajar dilihat dari lembar keaktifan siswa angket respon guru dan siswa dan hasil tes penguasaan buku ajar siswa. Hasil penelitian ini adalah valid. Hal ini terbukti dari nilai kevalidan buku ajar adalah 3 3. Nilai kevalidan media manipulatif adalah 3 4. Nilai kevalidan RPP adalah 3 8. Nilai kevalidan tes penguasaan buku ajar adalah 3 4. Buku ajar yang dihasilkan juga praktis dilihat dari hasil nilai observasi keterlaksanaan buku ajar 3 6. Namun buku ajar siswa ini belum efektif. Hal ini karena meskipun nilai aktifitas siswa adalah 3 6 yang dikategorikan aktif persentasi nilai respon siswa 89 65 % yang dikategorikan positif nilai respon guru 3 7 yang dikategorikan baik dan nilai rata-rata tes siswa pada materi volume balok dan kubus telah bagus yaitu 76 dan 83 namun pada tes volume prisma nilai rata-rata siswa tergolong rendah yaitu 69. Ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi prisma belum terlatih. Rendahnya hasil tes penguasaan materi prisma dikarenakan oleh 1) kurangnya contoh soal dalam buku ajar siswa 2) siswa belum mampu memahami gambar 3) Seringnya siswa yang belum menguasai materi tidak masuk kelas 4) Banyaknya mata pelajaran di sekolah membuat siswa tidak fokus 5) Siswa harus lebih dilatih dalam memecahkan masalah matematika dan 6) Kurangnya waktu siswa untuk belajar. Oleh karena itu meskipun buku ajar ini valid dan praktis namun masih harus dikembangkan agar memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110834 |
Actions (login required)
View Item |