Nurfiqih, David (2017) Proses berpikir aljabar siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan permasalahan fungsi / David Nurfiqih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurfiqih D. 2017. Proses Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Permasalahan Fungsi. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si (II) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Proses Berpikir Berpikir Aljabar Penyelesaian Masalah Fungsi Think-aloud Berpikir aljabar sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menyebabkan perlunya berpikir aljabar untuk dipelajari/dikembangkan sejak dini. Salah satu topik yang memiliki peranan yang mendasar dalam berpikir aljabar adalah konsep fungsi. Fungsi dideskripsikan secara umum sebagai tabel grafik simbol aljabar kata-kata dan situasi permasalahan. Sedangkan dalam permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa biasanya menggunakan beberapa representasi berupa kata-kata tabel grafik dan persamaan. Masing-masing representasi ini mendeskripsikan bagaimana nilai satu variabel ditentukan oleh nilai variabel yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan studi yang mendalam bagaimana memahami pemahaman dan proses berpikir siswa terhadap konsep fungsi atau permasalahan fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian riset naratif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Terpadu Cendekia Insani Situbondo. Subjek penelitian yang diambil adalah tiga siswa dengan masing-masing berkategori tinggi sedang dan rendah. Pengkategorian siswa didasarkan dari hasil pemberian tes konsep fungsi pada studi pendahuluan. Metode Think-aloud digunakan saat subjek penelitian mengerjakan soal untuk mengungkap proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan permasalahan fungsi. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali/melakukan pengecekan lebih dalam proses berpikir aljabar siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal permasalahan fungsi pedoman wawancara daftar Think-aloud dan alat rekam video. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa proses berpikir aljabar yang tampak hanya pada topik generalisasi aritmetika penggunaan simbol yang bermakna dan mempelajari fungsi. Generalisasi aritmetika yang digunakan adalah generalisasi operasi dan menggali suatu pola. Walaupun siswa menggunakan simbol yang bermakna ada beberapa simbol yang digunakan tetapi tidak bermana yaitu penggunaan simbol yang tidak bermakna pada beberapa bagian penyelesaian yang dikerjakan siswa. Berpikir aljabar yang dilakukan oleh 3 subjek penelitian ternyata ada pada level 3 untuk subjek 1 dan subjek 2 (siswa berkategori tinggi dan sedang) dan pada level 2 untuk subjek 3 (siswa berkategori rendah). Level 3 memiliki deskripsi melibatkan variabel dengan deskripsi yang jelas menggunakan beberapa operasi dan menggunakan simbol secara analitik. Level 2 memiliki deskripsi melibatkan variabel dan generalisasi tugas dikenali tetapi tanpa deskripsi yang jelas. Pelevelan berpikir aljabar tersebut mengacu pada 7 level berpikir aljabar yang dikemukakan oleh Godino dkk (2014). Empat langkah Polya dalam menyelesaikan permasalahan fungsi tidak selalu dilalui secara keseluruhan atau runtut. Empat langkah Polya tidak terlihat secara jelas pada penyelesaian tertulis subjek penelitian (tersirat) tetapi terlihat jelas saat subjek penelitian mengungkap dalam percakapan saat wawancara. Subjek penelitian dengan kategori tinggi dan sedang memiliki kesamaan proses berpikir aljabar dalam menyelesaikan permasalahan fungsi yaitu mengalami proses berpikir aljabar siswa tipe 1. Subjek penelitian dengan kategori rendah mengalami proses berpikir aljabar siswa tipe 2. 8195 ABSTRACT Nurfiqih D. 2017. Students Algebraic Thinking Process in Solving Function Problems. Unpublished Thesis. Graduate Program on Mathematic Teaching State University of Malang. Advisors (I) Dr. Sudirman M.Si (II) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. Keywords Thinking Process Algebraic Thinking Problem Solving Function Think-Aloud Algebraic thinking is necessary in solving daily problems and this needs to be learned/developed by students since early stages. One of the topics that has a fundamental role in algebraic thinking is the concept of function. Functions are generally described as tables graphs algebraic symbols words and problem situations.While in problems that are related to daily life students usually use some representations in the forms of words tables graphs and equations. Each representation describes how the value of one variable is determined by the value of the other variables. Thus it is eminent to study how to understand the students understanding and thinking process to the concept of function or function problems. This study is a narrative qualitative research. The research was conducted in Grade VIII of SMP Terpadu Cendekia Insani Situbondo. The subjects of this study were three students with high medium and low categories. The categorization of students was based on the results of the concept function test in the preliminary study. Think-aloud method was used when the research subjects worked on the problems to reveal their algebraic thinking process in solving function problems. Additionally interviews were conducted to explore more in the students algebraic thinking process. The instruments used were some functional problems interview guides Think-aloud lists and video recording devices. The results of this study show that algebraic thinking processes appear only on the topic of arithmetic generalization the use of meaningful symbols and the study of functions. Generalized arithmetic used was operation generalization and pattern recognition. Although the students used meaningful symbols there were some symbols that were used but meaningless such as the use of which had no meaning in some parts of the work done by the students. Algebraic thinking conducted by the three research subjects was found at level 3 for Subject 1 and Subject 2 (the high categorized student and the middle categorized student) and at level 2 for Subject 3 (the low categorized student). Level 3 had a description involving variables with clear descriptions using multiple operations and using symbols analytically. Level 2 had a description involving the variables and task generalizations identified but without a clear description. The levelling of algebraic thinking refers to the 7 levels of algebraic thinking put forward by Godino et al (2014). Four steps of Polya in solving the problems of the function was not always traversed coherently as a whole . The four Polya steps were not clearly visible on the written completion of the research subjects (implied) but were clearly visible during the interview. Both of the research subject with high and medium category had the same algebraic thinking process in solving the problems of function that was experiencing the type 1 of algebraic thinking process. The research subject with low category experienced the type 2 algebra thinking process.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110832 |
Actions (login required)
View Item |