Proses scaffolding untuk membantu pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika di kelas VII / R. Azmil Mustafha - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses scaffolding untuk membantu pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika di kelas VII / R. Azmil Mustafha

Mustafha, R. Azmil (2017) Proses scaffolding untuk membantu pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika di kelas VII / R. Azmil Mustafha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musthafa R.A. 2017. Proses Scaffolding untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Equal Sign dalam Menyelesaikan Tugas Matematika di Kelas VII. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Erry Hidayanto M.Si. (II) Dr. Abadyo M.Si. Kata kunci equal sign scaffolding tugas matematika pemahaman. Equal sign adalah sebuah tanda yang digunakan pada kesamaan atau persamaan. Equal sign terdiri dari tiga kategori makna yaitu equal sign sebagai operational basic relational dan substitution. Equal sign sebagai operational untuk menunjukkan hasil dari suatu operasi. Equal sign sebagai basic relational untuk menyatakan kesamaan hasil operasi antara ruas kiri dan ruas kanan sedangkan equal sign sebagai substitution untuk menyatakan penggantian variabel oleh konstanta. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman konsep equal sign siswa masih terbatas pada operational. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pekerjaan siswa misalnya pada soal 13 19 ... 7. Siswa memberikan jawaban 13 19 32 7. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman siswa tentang equal sign dan kemudian memberikan scaffolding untuk membantu pemahaman siswa terkait konsep equal sign yang belum dipahami. Pemahaman yang dimaksud disini adalah pemahaman siswa terhadap equal sign sebagai basic relational dan substitution. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancara. Subjek penelitiannya adalah 3 siswa kelas VII B MTs Surya Buana Malang yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan rendah (S1) 1 siswa berkemampuan sedang (S2) dan 1 siswa berkemampuan tinggi (S3). Awalnya siswa diberikan tes awal yang memuat soal tentang equal sign sebagai operational basic relational dan substitution untuk mengetahui pemahaman equal sign siswa dan kemudian semua subjek diwawancarai. Dari tes awal dan wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwa S1 sudah memahami equal sign sebagai operational akan tetapi masih belum memahami equal sign sebagai basic relational. Pada soal tentang equal sign sebagai substitution S1 belum bisa memahami makna variabel dan cara mencari nilai varibel dari pernyataan yang diketahui. S2 sudah memahami semua konsep equal sign baik operational basic relational maupun substitution. S2 hanya melakukan kesalahan tulis dan kurang teliti melihat soal. S3 juga sudah memahami konsep equal sign hanya saja melakukan sedikit kesalahan. Kesalahan yang dilakukan S3 adalah kurang cermat dalam melihat operasi pada soal. Scaffolding yang diberikan untuk masing-masing subjek berbeda-beda. Scaffolding untuk S1 terkait pemahaman equal sign sebagai basic relational pemahanam terhadap variabel dan cara menentukan variabel. Scaffolding untuk S2 terkait penekanan pada ketelitian melihat soal dan scaffolding untuk S3 terkait pada ketelitian melihat operasi pada soal. Setelah diberikan scaffolding masing-masing subjek diberikan tes akhir. Dari hasil tes akhir menunjukkan bahwa S1 sudah memahami equal sign sebagai basic relational dan makna variabel. S2 sudah tidak melakukan kesalahan yang sama seperti pada tes awal dan S3 juga sudah tidak salah lagi dalam melihat operasi pada soal. ABSTRACT Musthafa R.A. 2017. Scaffolding Process to Assist Student s Understanding of Equal Sign in Completing Math Tasks in Class VII. Thesis. Department of Mathematics Education Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Dr. Erry Hidayanto M.Si. (II) Dr. Abadyo M.Si. Keywords equal sign scaffolding mathematics task understanding. Equal sign is a sign used in equality or equation. Equal sign consists of three categories of meaning namely equal sign as operational basic relational and substitution. Equal sign as operational to show the result of an operation. Equal sign as the basic relational to express the equality of operation result between left and right segment while equal sign as substitution to express replacement of variable by constant. Based on the results of observation shows that the understanding of equal sign concept of students is still limited to operational. This is indicated by the results of student work for example on 13 19 ... 7. Students give answers 13 19 32 7. Thus the researchers conducted research on students understanding of equal sign and then provide scaffolding to help students understand the concepts of equal sign that have not been understood. The understanding is mean here is students understanding of equal sign as basic relational and substitution. This research includes qualitative descriptive research. The data collected is data of student work and interview result. The subjects were 3 students of MTs class VII B Surya Buana Malang consist of 1 low achieving student (S1) 1 student with medium education (S2) and 1 student with high ability (S3). The first students were given a preliminary test that included questions about the equal signs as operational basic relations and substitutions to find out the students sign of understanding and then all subjects were interviewed. From the first tests and interviews that have been made known that S1 already understand the equal sign as operational but still do not understand the equal sign as a basic relational. On the matter of equal sign as substitution S1 can not understand the meaning of variables and how to find variables from known statements. S2 has understood the concepts of equal sign both operational basic relational and substitution. S2 just made a mistake write and less careful look at the problem. S3 also already understand all the concepts of equal sign just make a little mistake. The error S3 made is less careful in seeing the operation on the problem. Scaffolding given for each subject is different. Scaffolding for S1 related to the understanding of equal sign as the basic relational the understand to the variable and how to determine the variable. Scaffolding for S2-related emphasis on scrutinizing the problem and scaffolding for S3 is concerned on the accuracy of seeing operations on the problem. After being given scaffolding each subject is given a final test. From the final test results show that S1 already understand the equal sign as the basic relational and variable meaning. S2 has not made the same mistake as in the initial test and S3 also has no wrong in seeing the operation on the tasks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110831

Actions (login required)

View Item View Item