Pengembangan buku suplemen guru matematika diskrit SMA/SMK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Vuvut Selviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen guru matematika diskrit SMA/SMK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Vuvut Selviana

Selviana, Vuvut (2017) Pengembangan buku suplemen guru matematika diskrit SMA/SMK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Vuvut Selviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Selviana Vuvut. 2017. Pengembangan Buku Suplemen Guru Matematika Diskrit SMA/SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A.R. As ari M.Pd M.A (2) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Pengembangan Buku Suplemen Guru Matematika Diskrit SMA/SMK Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku suplemen guru matematika diskrit SMA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid praktis dan efektif. Buku suplemen guru dikembangkan sebagai upaya untuk membantu guru dalam menyusun pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA melalui materi matematika diskrit SMA/SMK. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu (1) pentingnya berpikir kritis untuk dimiliki oleh setiap individu pada era globalisasi untuk menghadapi tantangan global (2) kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa masih rendah dan (3) belum adanya buku pedoman guru yang diperuntukkan khusus untuk melatih kemampuan berpikir krtis siswa SMA/SMK melalui pelajaran matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan tahap pembuatan prototip dan tahap asesmen. Dalam penelitian ini juga digunakan instrumen penelitian yang valid diantaranya adalah instrumen validasi buku suplemen guru angket respon guru uji kepraktisan angket respon guru uji keefektifan tes kemampuan berpikir kritis 1 rubrik penilaian tes kemampuan berpikir kritis 1 tes kemampuan berpikir kritis 2 rubrik penilaian tes kemampuan berpikir kritis 2 dan pedoman wawancara. Uji kepraktisan dilakukan terhadap 3 guru SMK dan uji coba lapangan dilakukan di kelas XI RPL 1 SMK Telkom Malang. Dari hasil uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan berupa buku suplemen guru telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Persentase kevalidan yang diperoleh sebesar 94% yang berarti sangat valid. Persentase kepraktisan yang diperoleh sebesar 87 5% yang berarti memiliki kriteria kepraktisan yang tinggi. Sedangkan keefektifannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 76%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa buku suplemen guru telah memenuhi kriteria buku suplemen guru yang berkualitas sehingga dapat digunakan guru sebagai pedoman dalam menyusun pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110830

Actions (login required)

View Item View Item