Penerapan asesmen kinerja untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari / Celvia Rince Christiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen kinerja untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari / Celvia Rince Christiasari

Christiasari, Celvia Rince (2017) Penerapan asesmen kinerja untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari / Celvia Rince Christiasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christiasari Celvia Rince. 2017. Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (2) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata kunci Asesmen Kinerja Representasi Matematis Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Asesmen yang diimplementasikan oleh guru pada pembelajaran di kelas VIII SMP Kristen Baithani Tosari masih ditekankan pada hasil pembelajaran melalui tes pilihan ganda sehingga guru kurang mencermati proses kinerja siswa untuk mendapatkan atau menemukan jawaban dari suatu masalah. Pengumpulan informasi dari hasil tes pilihan ganda umumnya masih kurang komprehensif dalam mengukur kemampuan siswa. Rendahnya kemapuan representasi matematis siswa dapat disebabkan karena siswa jarang diberi kesempatan untuk menyatakan ide matematisnya dalam menyelesaikan suatu masalah matematis. Melalui asesmen kinerja siswa diberikan kebebasan melakukan unjuk kerja sesuai pengetahuan yang dimiliki sehingga siswa dapat menyatakan idenya untuk menyelesaiakan masalah ke dalam berbagai bentuk representasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapkan asesmen kinerja dalam meningkatkan kemampuan representasi siswa kelas VIII SMP Kr. Baithani Tosari. Asesmen kinerja adalah asesmen yang meminta siswa untuk dapat mendemonstrasikan kemampuannya baik berupa pengetahuan atau keterampilan dalam bentuk kinerja nyata yang ditunjukan dalam bentuk penyelesaian suatu tugas dan bukan hanya menjawab atau memilih jawaban yang telah tersedia. Penelitian dilaksanakan pada semeter genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksnakan dalam dua siklus. Instrumen pendukung yang digunakan adalah LKK lembar observasi pedoman wawancara soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen kinerja dapat meningkatkan representasi matematis siswa. Tahap 1 guru membagikan LKK dan media pembelajaran berupa bangun ruang sisi datar pada tiap kelompok. Tahap 2 guru meminta siswa untuk memahami perintah dan langkah-langkah penyelesaian dalam LKK. Tahap 3 guru meminta siswa untuk menggunting media yang telah dibagikan hingga sisinya terpisah satu dengan yang lain dan meminta siswa untuk melakukan penemuan rumus luas permukaan dari bangun tersebut sesuai representasi yang dimiliki siswa. Guru memberikan bimbingan kepada siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan melalui pemberian pertanyaan-pertanyaan pancingan yang mengarahkan siswa pada masalah luas permukaan bangun ruang. Kemudian setelah siswa menemukan rumus luas permukaan dengan caranya sendiri guru meminta siswa mengecek kebenaran dari rumus tersebut sesuai tahapan yang terdapat dalam LKK. Tahap 4 guru meminta siswa untuk menerapkan yang telah ditemukan untuk menyelesaikan masalah luas permukaan bangun ruang sisi datar. Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan secara lengkap informasi yang terdapat dalam soal agar siswa dapat menggunakan representasi yang tepat. Kemudian untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah luas permukaan bangun ruang guru mengarahkan siswa untuk membuat ilustrasi/gambar sehingga dapat digunakan untuk menyusun rencana penyelesaian masalah. Tahap 5 guru meminta siswa untuk melakukan presentasi dari hasil diskusinya. ABSTRACT Christiasari Celvia Rince. 2017. Application of Performance Assessment to Improve Students Mathematical Representation for 8th Grade SMP Kristen Baithani Tosari. Graduate Thesis. Post-graduate of State University of Malang. Supervisors (1) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (2) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Keywords Performance Assessment Mathematical Representation Surface Area of Polyhedron Assessment implemented by 8th grade teachers of SMP Kristen Baithani Tosari still emphasizing on learning outcome determined by multiple choices test hence teachers couldn t fully observe students performance process in order to solve a problem. Generally information gathering using multiple choices test is less comprehensive in measuring students ability. One reason why students were lacking in mathematical representation might be because they rarely given the opportunity to express their mathematical idea in solving mathematics problems. Using performance assessment students are allowed to freely show their performance based on their past knowledge hence they can express their idea to solve problems into various form of representation. This study aimed to describe the application of performance assessment in improving students representation ability for 8th grade SMP Kristen Baithani Tosari. Performance assessment is an assessment which motivates students to be able to demonstrate their knowledge or skill in the form of real performance which is showed by task completion not only answering or choosing from the given answers. This study was held in even semester of 2016/2017 school year. The subjects of this study were 31 8th grade students. This was a classroom action research which implemented in 2 cycles. Instruments used are students worksheet (LKK) observation sheet interview guide and test problems. Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results of this study indicate that the application of performance assessment can improve students mathematical representation ability. Step 1 teacher distributed LKK and polyhedron model to each group. Step 2 teacher asked students to understand the instructions and solution steps in the LKK. Step 3 teacher asked students to cut the polyhedron model given so each face are separated and then asked them to find the area formula of the resulted plane according to their representation. Teacher then guided students or groups who were facing difficulties by giving inducing questions which lead them to polyhedron area problem. After students were able to find the area formula by their own teacher asked them to verify the formula using the steps written in the LKK. Step 4 teacher asked students to apply the formula found to solve polyhedron area problems. Teacher reminded students to write information contained in the problems completely hence they would able to use appropriate representation in order to solve the problems easier. Teacher then lead students to make illustrations/pictures and use them to arrange a solution plan. Step 5 teacher asked students to present the result of their group discussion.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110829

Actions (login required)

View Item View Item