Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari taksonomi marzano / Nita Fatma Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari taksonomi marzano / Nita Fatma Fauziah

Fauziah, Nita Fatma (2017) Proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari taksonomi marzano / Nita Fatma Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Nita Fatma. 2017. Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Manyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Marzano. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci proses berpikir aljabar soal cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel taksonomi Marzano. Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dan diperlukan dalam mempelajari aljabar. Salah satu tugas pendidik matematika adalah memperjelas proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dengan tujuan memperbaiki pembelajaran matematika di sekolah. Mengingat pentingnya berpikir aljabar maka perlu adanya penjelasan mengenai proses berpikir aljabar siswa. Sistem Persamaan Linier Dua Variabel merupakan materi aljabar dan sering disajikan dalam bentuk soal cerita. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan terutama soal cerita. Soal cerita dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena untuk menyelesaikan soal cerita dibutuhkan beberapa prosedur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang ditinjau dari tahapan taksonomi Marzano. Taksonomi Marzano terdiri dari sistem diri sistem kognitif dan sistem metakognitif. Sistem kognitif terdiri dari empat level yaitu pemanggilan pengetahuan pemahaman pengetahuan analisis pengetahuan dan penggunaan pengetahuan sedangkan sistem metakognitif yang akan dideskripsikan dalam penelitian ini adalah sitem metakognitif siswa pada saat memantau ketepatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Malang yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah dalam matematika. Subjek dipilih berdasarkan nilai ulangan harian materi persamaan lingkaran dan kemampuan komunikasi siswa yang baik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pedoman wawancara serta alat rekam. Penelitian ini menemukan bahwa siswa berkemampuan tinggi mengalami proses berpikir aljabar yang sempurna pada saat menyelesaikan soal pencacahan dan soal tentang luas. Hal ini ditunjukkan dengan sistem diri sistem kognitif dan sistem metakognitif siswa berkemampuan tinggi yang berjalan dengan baik pada saat mengerjakan soal pencacahan dan soal tentang luas. Siswa berkemampuan sedang mengalami proses berpikir aljabar yang baik pada saat mengerjakan soal tentang luas. Sistem diri sistem kognitif dan sistem metakognitif siswa berkemampuan sedang berjalan dengan baik saat mengerjakan soal tentang luas. Proses berpikir aljabar siswa berkemampuan sedang kurang baik pada saat menyelesaiakan soal pencacahan. Hal ini dikarenakan sistem kognitif siswa berkemampuan sedang tidak berjalan dengan baik dalam proses penyelesaian soal pencacahan. Model matematika yang dibuat oleh siswa berkemampuan sedang belum sepenuhnya menggambarkan informasi yang ada pada soal pencacahan. Proses berpikir aljabar siswa berkemampuan rendah tidak kurang baik pada saat menyelesaikan soal pencacahan dan soal tentang luas. Sistem kognitif dan metakognitif siswa berkemampuan rendah tidak berjalan dengan baik pada saat mengerjakan soal pencacahan dan soal tentang luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110828

Actions (login required)

View Item View Item