Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi aljabar melalui teknik certanity of response index (CRI) termodifikasi / Soraya Djamilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi aljabar melalui teknik certanity of response index (CRI) termodifikasi / Soraya Djamilah

Djamilah, Soraya (2017) Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi aljabar melalui teknik certanity of response index (CRI) termodifikasi / Soraya Djamilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Djamilah Soraya. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Aljabar Melalui Teknik Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata kunci miskonsepsi operasi aljabar CRI termodifikasia Siswa mempelajari konsep-konsep yang saling berkaitan dalam matematika. Dalam mempelajari konsep-konsep tersebut siswa dapat mengalami miskonsepsi yakni kesalahan atau penyimpangan terhadap konsep yang dialami siswa. Miskonsepsi merupakan kondisi yang harus ditangani. Untuk menangani miskonsepsi pada siswa guru harus dapat mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa. Identifikasi miskonsepsi dapat dilakukan melalui teknik CRI termodifikasi dan penelusuran proses berpikir matematis siswa dengan tahap-tahap yang dikemukakan Mason yaitu tahap entry attack dan review. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis miskonsepsi yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin pada materi operasi aljabar melalui teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi berdasarkan proses berpikirnya. Dengan mengetahui gambaran miskonsepsi yang sering dialami siswa diharapkan guru dapat melakukan perbaikan untuk menangani miskonsepsi sehingga akhirnya siswa memperoleh pemahaman konsep yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dipilih berdasarkan hasil tes tertulis pilihan ganda beralasan disertai kriteria CRI. Banyaknya subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang mengalami miskonsepsi. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung adalah tes tertulis pilihan ganda beralasan disertai kriteria CRI dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga tahap proses berpikir yang dikemukakan Mason siswa mengalami miskonsepsi hanya pada tahap attack yaitu dalam sifat distributif bentuk aljabar penjumlahan suku sejenis dan penyederhanaan bentuk aljabar. Siswa 1 2 3 4 dan 5 mengalami miskonsepsi pada sifat distributif bentuk aljabar dalam mengurangkan bentuk aljabar yakni mengabaikan tanda kurung. Hal ini disebabkan siswa langsung menulis ulang soal dan mengelompokkan suku sejenis akibatnya siswa mengalami kesalahan dalam penulisan tanda positif dan negatif pada suku-suku bentuk aljabar. Siswa 1 2 3 5 dan 6 mengalami miskonsepsi pada penjumlahan suku sejenis. Siswa 1 2 dan 3 belum dapat mengaplikasikan pengetahuannya mengenai operasi bilangan bulat pada operasi bentuk aljabar secara tepat sehingga salah dalam mengurangkan konstanta. Siswa 5 menjumlahkan koefisien namun mengalikan variabelnya. Siswa 5 dan 6 menjumlahkan dan mengurangkan suku tidak sejenis. Siswa 5 dan 6 mengalami miskonsepsi pada penyederhanaan bentuk aljabar. Siswa 5 mengalami miskonsepsi dalam kanselasi bentuk aljabar karena pasangan suku aljabar tersebut mempunyai variabel yang sama. Siswa 6 mengurangkan suku aljabar pada pembilang dengan suku aljabar pada penyebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110827

Actions (login required)

View Item View Item