Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp pada materi kubus & balok / Tomy Syafrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp pada materi kubus & balok / Tomy Syafrudin

Syafrudin, Tomy (2017) Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp pada materi kubus & balok / Tomy Syafrudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafrudin Tomy. 2017. Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta S.Pd. M.Si. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata Kunci representasi kemampuan representasi matematis open-ended pendekatan open-ended. Representasi matematis merupakan salah satu standar proses dalam pendidikan matematika. Kemampuan repersentasi matematis adalah kemampuan dalam menyajikan masalah matematika dengan menggunakan gambar simbol dan verbal secara detail untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan representasi matematika penting untuk dikuasai oleh siswa karena dapat memahami bahkan mengembangkan ide-ide yang dimiliki siswa. Namun kemampuan representasi matematis siswa saat ini tidak berkembang bahkan rendah. Hal itu disebabkan karena pembelajaran saat ini jarang melibatkan keaktifan siswa dan tidak memunculkan kreativitas siswa. Guru hanya menjelaskan materi dengan ceramah kemudian mengerjakan soal latihan sehinggas iswa tidak mengalami sendiri pada proses pembekalan materi. Salah satu cara untuk mengatasi memunculkan kemampuan representasi matematis siswa adalah pendekatan yang berpusat pada siswa dan membuat siswa kreatif dalam prosesnya yaitu pendekatan open-ended. Pendekatan open-ended adalah pendekatan yang membuat siswa berfikir kreatif dengan menggunakan pertanyaan terbuka dalam proses belajarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki 2 siklus dengan tahap-tahap penelitian prencanaan pelaksanaan obervasi d an refleksi. Karena jenis penelitiannya PTK maka subyek penelitiannya adalah guru (peneliti). Hasil penelitian ini adalah pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan representasi mathematics siswa yaitu pemberian orientasi tentang materi yang akan dipelajari pembekalan materi melalui LKS penyajian soal open-ended kemudian siswa secara individu menjawab soal open-ended diskusi masalah open-ended secara kelompok presentasi hasil diskusi kelompok penarikan kesimpulan hasil diskusi masalah open-ended. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa ditunjukkan oleh hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II. Berikut hasilnya siklus I LKS 49 38% kuis 66 67% dan tes pasca-siklus 62 96% disebabkan oleh media saat orientasi jumlahnya sedikit kelompok yang dibentuk tidak heterogen siswa tidak melakukan catatan pada saat penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Ketuntasan belajar klasikal siklus II menjadi LKS 82 72% kuis 74 07% dan tes akhir 81 48% untuk aktivitas guru dan siswa mencapai kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110824

Actions (login required)

View Item View Item