Mustofa, Aris (2017) Kesalahan dalam pemecahan masalah lingkaran peserta didik kelas VIII dan upaya memperbaiki dengan Scaffolding / Aris Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mustofa A. 2017. Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Lingkaran Peserta Didik Kelas VIII dan Upaya Memperbaiki Dengan Scaffolding. Pembimbing (1) Dr. Sudirman M.Si. (II) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata kunci kesalahan pemecahan masalah pemecahan masalah lingkaran scaffolding geometri. Kesalahan adalah gambaran penerapan secara konsisten dari algoritma yang salah sehingga mengakibatkan solusi yang didapatkan salah. Sedangkan pemecahan masalah adalah usaha melibatkan peserta didik terhadap tugas yang metode solusi dari masalah tidak familiar. Kesalahan pemecahan masalah adalah kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik saat menyelesaikan soal non rutin. Kesalahan pemecahan masalah dalam penelitian ini ada 3 jenis yakni 1) kesalahan fakta 2) kesalahan konsep dan 3) kesalahan prosedur. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang kesalahan dalam pemecahan masalah lingkaran peserta didik kelas VIII dan upaya memperbaikinya dengan scaffolding untuk membantu pemahaman siswa terkait konsep lingkaran yang belum dipahami. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data hasil pekerjaan pekerjaan peserta didik dan hasil scaffolding dalam mengatasi kesalahan pemecahan masalah yang dialami peserta didik. Subjek penelitiannya adalah 3 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Prambon. Tahap awal yang dilakukan peneliti adalah membagikan soal tes pemecahan masalah lingkaran kepada VIII-2. Kelas VIII-2 merupakan kelas regular sehingga kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas VIII-2 akan lebih variatif. Selanjutnya peneliti menentukan 3 subjek penelitian dengan kriteria yakni 1) mengerjakan ketiga soal pemecahan masalah dan mengalami kesalahan 2) peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik berdasar rekomendasi guru. Setelah subjek penelitian ditentukan peneliti memberikan scaffolding berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Dari tes awal yang telah dilakukan diketahui bahwa untuk 1) peserta didik A pada soal nomor 1 mengalami kesalahan prosedur soal nomor 2 mengalami kesalahan fakta konsep dan prosedur sedangkan soal nomor 3 mengalami kesalahan fakta dan prosedur. 2) peserta didik B pada soal nomor 1 mengalami kesalahan konsep dan prosedur soal nomor 2 mengalami kesalahan fakta konsep dan prosedur soal nomor 3 mengalami kesalahan konsep dan prosedur. Untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan ketiga subjek penelitian peneliti menggunakan scaffolding level 2 reviewing dan restructuring. Dari hasil tes akhir menunjukkan bahwa ketiga peserta didik memahami kesalahan yang dialami sehingga peserta didik tidak melakukan kesalahan yang sama dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110821 |
Actions (login required)
View Item |