Translasi matematis dalam menyelesaikan soal program linear pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen / Indawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Translasi matematis dalam menyelesaikan soal program linear pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen / Indawati

Indawati (2017) Translasi matematis dalam menyelesaikan soal program linear pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen / Indawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indawati. 2017. Translasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Program Linear pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Subanji S.Pd. M.Si (2) Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D Kata kunci translasi matematis representasi Translasi matematis merupakan hal terpenting di dalam pembelajaran matematika. Translasi yang merupakan proses kognitif di dalam mengubah representasi sumber ke dalam representasi target digunakan untuk mengomunikasikan ide siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Materi program linear merupakan salah satu materi yang dapat memunculkan berbagai macam bentuk translasi sehingga fokus penelitian ditetapkan pada materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan translasi matematis di dalam menyelesaikan masalah program linear. Secara lebih rinci penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan translasi bentuk verbal ke tabel (2) mendeskripsikan translasi bentuk verbal ke simbol aritmatika (3) mendeskripsikan translasi bentuk simbol aritmatika ke grafik. Penelitian ini dilakukan kepada 6 (enam) siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Subjek tersebut dirinci sebagai berikut 2 (dua) subjek berkemampuan tinggi 2 (dua) subjek berkemampuan sedang dan 2 (dua) subjek berkemampuan rendah. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Aktivitas translasi merujuk pada penelitian Bosse (2014) yang membagi aktivitas translasi menjadi 4 (empat) aktivitas yaitu unpacking the source preliminary coordination constructing the target dan determining equivalence. Hasil penelitian menunjukkan semua siswa dapat melakukan aktivitas translasi walaupun hasil dari proses tersebut salah. Translasi dari verbal ke tabel dilakukan oleh siswa berkemampuan tinggi dan sedang dengan empat aktivitas berkemampuan rendah dengan tiga aktivitas. Translasi dari verbal ke simbol aritmatika dilakukan oleh siswa berkemampuan tinggi dengan empat aktivitas siswa berkemampuan sedang dan rendah dengan tiga aktivitas. Translasi dari simbol aritmatika ke grafik dilakukan oleh siswa berkemampuan tinggi dan sedang dengan tiga aktivitas berkemampuan rendah dengan dua aktivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110820

Actions (login required)

View Item View Item