Nisa`, Hikmah Maghfiratun (2017) Gesture siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent dalam memecahkan masalah matematika secara berkelompok / Hikmah Maghfiratun Nisa`. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisa H. M. Gesture Siswa Bergaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Memecahkan Masalah Matematika secara Berkelompok. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci gesture field independent field dependent memecahkan masalah matematika Gesture dalam penelitian ini merupakan gerakan tangan yang dilakukan untuk mengomunikasikan ide dalam memecahkan masalah matematika secara berkelompok. Dalam memecahkan masalah matematika setiap orang memiliki kebiasaan berbeda dalam mengolah informasi yang disebut sebagai gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gesture siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent ketika memecahkan masalah matematika secara berkelompok. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Malang. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa dengan 2 siswa bergaya kognitif field independent dan 2 orang siswa bergaya kognitif field dependent. Keempat siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari satu orang siswa bergaya kognitif field independent dan satu orang siswa bergaya kognitif field dependent. Data berasal dari rekaman semua aktivitas siswa ketika menyelesaikan masalah matematika secara berkelompok. Wawancara juga dilakukan untuk melengkapi data tentang gesture yang dilakukan selama memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent di kedua kelompok menggunakan variasi dari tiga gesture selama memecahkan masalah matematika. Siswa bergaya kognitif field independent melakukan gesture menunjuk dan gesture menulis untuk membantu dalam memahami masalah. Ketika menyusun rencana siswa bergaya kognitif field independent melakukan gesture menunjuk gesture menulis dan representasional. Ketika melaksanakan rencana penyelesaian siswa bergaya kognitif field independent juga melakukan variasi dari ketiga gesture untuk memfokuskan pikiran pada pekerjaan yang sedang dikerjakan dan memudahkan komunikasi dengan siswa bergaya kognitif field dependent. Siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent tidak melakukan tahap memeriksa kembali sehingga tidak ada gesture yang dilakukan dalam tahapan ini. Siswa bergaya kognitif field dependent melakukan gesture menunjuk dan menulis ketika memahami masalah Siswa bergaya kognitif field dependent melakukan variasi dari gesture menunjuk menulis dan representasional ketika merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan untuk penelitian selanjutnya peneliti dapat memilih materi lain yang dapat memungkinkan lebih banyak penggunaan gesture representasional. Penelitian ini menunjukkan bahwa gesture memiliki peranan penting dalam memecahkan masalah secara berkelompok. Penelitian lanjutan dapat meneliti penggunaan gesture jika pemecahan masalah dilakukan secara individu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110819 |
Actions (login required)
View Item |