Scaffolding untuk membantu komunikasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal open-ended / Anggraini Eka Pramestasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Scaffolding untuk membantu komunikasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal open-ended / Anggraini Eka Pramestasari

Pramestasari, Anggraini Eka (2017) Scaffolding untuk membantu komunikasi matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal open-ended / Anggraini Eka Pramestasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramestasari Anggraini Eka. 2017. Scaffolding Untuk Membantu Komunikasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si Kata Kunci scaffolding komunikasi matematis reflektif open-ended Komunikasi matematis merupakan cara siswa dalam mengekspresikan gagasan perasaan dan keberhasilan dalam pembelajaran di kelas. Komunikasi matematis siswa rendah dikarenakan beberapa hal antara lain siswa cenderung memberikan jawaban singkat siswa kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya walaupun sebenarnya ide dan gagasan sudah ada dalam pikiran mereka dan siswa takut dalam mengungkapkan gagasan-gagasan. Scaffolding merupakan salah satu cara yang digunakan untuk membantu siswa yang secara perlahan dan akan dihentikan ketika siswa mampu menyelesaikan masalah secara mandiri. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan memberikan masalah open-ended. Selain itu salah faktor pada siswa yang perlu dikaji dan dipertimbangkan dalam pembelajaran adalah gaya kognitif siswa. Salah satu gaya kognitif yang dimiliki siswa adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan scaffolding untuk membantu komunikasi matematis siswa reflektif dalam menyelesaikan soal open-ended dan mendeskripsikan komunikasi matematis siswa setelah diberikan scaffolding. Penelitian ini menggunakan kriteria komunikasi matematis QCAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa bergaya kognitif reflektif yaitu siswa SPE dan BM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar scaffolding yang efektif untuk membantu komunikasi matematis antara lain (1) siswa diminta untuk membaca ulang soal (2) siswa diminta untuk menyebutkan informasi-informasi dari soal (3) siswa diminta untuk menjelaskan maksud dari jawaban siswa (4) siswa diberikan kasus lain yang serupa (5) meminta siswa untuk mengomunikasikan ide matematis siswa ke dalam kalimat yang efektif. Komunikasi matematis siswa mengalami perubahan positif setelah diberikan scaffolding. Oleh karena itu melalui scaffolding yang diberikan siswa mampu memenuhi indikator keberhasilan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110818

Actions (login required)

View Item View Item