Afifa, Miftahul Fitri (2017) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kota Mojokerto melalui metode pembelajaran penemuan terbimbing pada materi teorema pythagoras / Miftahul Fitri Afifa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afifa Miftahul Fitri. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Kota Mojokerto Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. Kata Kunci metode pembelajaran penemuan terbimbing teorema pythagoras komunikasi matematis Komunikasi matematis siswa perlu ditingkatkan karena melalui komunikasi siswa dapat bertukar ide serta mengomunikasikan idenya. Salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan berkomunikasi adalah ketidaktepatan guru dalam membelajarkan siswa di kelas. Metode penemuan terbimbing merupakan salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Karena dalam metode penemuan terbimbing siswa diberikan kesempatan untuk menemukan konsep yang diharapkan melalui diskusi kelompok dengan bimbingan dan petunjuk dari guru kemudian mengomunikasikan hasil yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan komunikasi matematis secara tertulis siswa kelas VIII B SMPN 3 Kota Mojokerto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas mengunakan model Kemmis McTaggart yang mengacu pada aspek spiral refleksi yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning) tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengambil data hasil tes awal observasi aktivitas guru observasi aktivitas siswa hasil tes akhir siklus catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa melalui fase-fase berikut. Pada fase simulasi (simulation) siswa mengamati dan merencanaan masalah untuk menemukan teorema Pythagoras tripel Pythagoras jenis-jenis segitiga perbandingan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dan mengamati cara menggunakan klinometer. Pada fase pernyataan masalah (problem statement) siswa menuliskan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati dengan bantuan kata-kata kunci yaitu teorema Pythagoras luas segitiga luas trapesium tripel Pythagoras segitiga siku-siku segitiga lancip segitiga tumpul sudut-sudut istimewa perbandingan klinometer dan sudut elevasi. Pada fase pengumpulan data (data collection) siswa berdiskusi menggali informasi atau mencoba menjawab pernyataan masalah. Pada fase pemrosesan data (data processing) siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok yang lain memberikan tanggapan. Pada fase pembuktian (verivication) siswa secara individu menganalisis materi teorema Pythagoras. Pada fase penarikan kesimpulan (generalization) siswa membuat kesimpulan tentang teorema Pythagoras tripel Pythagoras jenis-jenis segitiga perbandingan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dan cara mengukur tinggi obyek dengan klinometer dengan kalimatnya sendiri melalui bimbingan guru. Berdasarkan hasil tes akhir siklus diperoleh skor rata-rata tiap indikator komunikasi matematis siswa pada tes akhir siklus mengalami peningkatan yaitu 80 65% ABSTRACT Afifa Miftahul Fitri. 2017. Improving Communication Skills Mathematical Grade VIII B SMP Negeri 3 Mojokerto Through Guided Discovery Learning Method to Content Pythagorean Theorem. Thesis Mathematics Education Program Graduate Program State University of Malang. Advisors (I). Dr. Sri Mulyati M.Pd and (II) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. Keywords guided discovery learning method Pythagoras theorem mathematical communication Students mathematical communication needs to be improved because through communication students can exchange ideas and communicate their ideas. One of the causes of students having difficulty in communicating is the inaccuracy of teachers in teaching students in the classroom. Guided discovery method is one of the appropriate learning method to improve students mathematical communication ability. Because in the guided discovery method students are given the opportunity to find the expected concept through group discussion with guidance and instruction from the teacher then communicate the results obtained. The purpose of this research is to describe the learning using guided discovery method that can improve written mathematical communication of students of class VIII B SMPN 3 Kota Mojokerto. The research is Classroom Action Research used Kemmis McTaggart model which refers to the spiral reflection aspect consisting of four stages planning action observation and reflection. This research was conducted in two cycles by taking preliminary test data teacher activity observation student activity observation final cycle test result field note and interview. The results showed that the learning using guided discovery method with scientific approach that can improve students mathematical communication through the following phases. In the simulation phase students observe and plan problems to find Pythagorean theorems triple Pythagoras triangle types the comparison of the sides of the right triangular triangles and observe how to use the clinometer. In the problem statement phase students write questions about the observed things with the help of key words Pythagorean theorem triangle area trapezoidal area triple Pythagoras right triangle triangle blunt triangle Special angle comparison clinometer and elevation angle. In the data collection phase students discuss find information or try to answer the problem statement. In the data processing phase students present the results of their group discussions and the other groups give respond. In the verification phase students individually analyze the material of the Pythagorean theorem. In the phase of generalization students draw conclusions about the Pythagoras Pythagoras triple theories triangle types the comparison of the sides of the right triangular triangles and how to measure the height of the object with the clinometer in their own sentence through the teacher s guidance. Based on the end cycle test results obtained that average score of each indicator of mathematical communication of students on the end test of the cycle has increased that is 80.65%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110817 |
Actions (login required)
View Item |