Defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar melalui pemetaan kognitif ditinjau dari gaya belajar / Kinanti Retnaning Widyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar melalui pemetaan kognitif ditinjau dari gaya belajar / Kinanti Retnaning Widyani

Widyanti, Kinanti Retnaning (2017) Defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar melalui pemetaan kognitif ditinjau dari gaya belajar / Kinanti Retnaning Widyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyani Kinanti Retnaning. 2017. Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Melalui Pemetaan Kognitif Ditinjau dari Gaya Belajar. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Prof. Drs. Purwanto Ph.D Kata Kunci Defragmentasi Penyelesaian Masalah Aljabar Gaya Belajar Penyelesaian masalah merupakan komponen penting dalam pembelajaran (Wilson 1993). Kemampuan penyelesaian masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa (Permendikbud 2013). Namun pada kenyataannya siswa seringkali melakukan kesalahan dalam menyelesaian masalah. Penyelesaian masalah yang dilakukan siswa melibatkan proses berpikir (Subanji 2007). Artinya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah memiliki struktur berpikir yang belum benar. Karena itu dibutuhkan suatu upaya penataan ulang atau defragmentasi struktur berpikir siswa. Defragmentasi ini dilakukan melalui pemetaan kognitif yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar melalui pemetaan kognitif ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas X SMAN 4 Malang yang masing-masing memiliki gaya belajar visual auditori dan kinestetik yang melakukan kesalahan paling banyak dalam menyelesaikan masalah aljabar. Tahap pengumpulan data penelitian ini adalah 1) memberikan tes penyelesaian masalah aljabar 2) memberikan angket gaya belajar dan 3) wawancara untuk memperoleh data struktur berpikir siswa dalam menyelesaaikan masalah aljabar sebelum dan ketika defragmentasi. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah aljabar adalah melalui disequilibrasi conflict cognitive dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memahami masalah dan disequilibrasi scaffolding dan conflict cognitive ketika melakukan kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah matematika adalah melalui scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memahami masalah scaffolding dan disequilibrasi ketika melakukan kesalahan dalam merencanakan penyelesaian conflict cognitive dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memeriksa kembali jawaban atau looking back. Sementara itu defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika adalah melalui disequilibrasi dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memahami masalah scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam merencanakan penyelesaian atau device a plan conflict cognitive dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan disequilibrasi dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memeriksa kembali jawaban. Stimulus defragmentasi disesuaikan dengan gaya belajar siswa yaitu stimulus yang melibatkan aktifitas visual untuk siswa bergaya belajar visual stimulus berupa audio untuk siswa bergaya belajar auditori dan stimulus yang melibatkan aktifitas fisik untuk siswa bergaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110816

Actions (login required)

View Item View Item