Analisis kesalahan siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menyelesaiakan soal fungsi kuadrat / Rezeqie Maulidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menyelesaiakan soal fungsi kuadrat / Rezeqie Maulidah

Maulidah, Rezeqie (2017) Analisis kesalahan siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menyelesaiakan soal fungsi kuadrat / Rezeqie Maulidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidah Rezeqie. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci analisis kesalahan fungsi kuadrat grafik fungsi kuadrat Kesalahan dapat terjadi saat siswa menyelesaikan soal matematika. Dalam rangka mencegah ataupun mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika guru diharapkan mampu untuk menduga cara maupun langkah yang digunakan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika tersebut. Apabila kesalahan yang mungkin dilakukan siswa dapat diperkirakan terlebih dahulu oleh guru maka tindakan pencegahan pun dapat dilakukan. Berdasarkan nilai ulangan harian yang diperoleh dari guru mata pelajaran matematika kelas X di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang materi yang memiliki rata-rata nilai ulangan harian terendah adalah fungsi kuadrat. Soal yang diajukan saat ulangan harian materi fungsi kuadrat tersebut tentang menggambar grafik fungsi kuadrat. Banyaknya kesalahan yang terjadi saat menyelesaikan soal tersebut dikarenakan banyaknya prosedur yang harus dilalui agar siswa dapat menggambar suatu grafik fungsi kuadrat serta diperlukan pengetahuan siswa mengenai konsep prinsip dan keterampilan matematika dalam menyelesaikannya. Kesalahan pada penelitian ini akan dianalisis berdasarkan Newman s Error Analysis yang terdiri atas reading error comprehension error transformation error process skill error dan encoding error. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul data utama. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Soal fungsi kuadrat pada penelitian ini terdiri dari empat soal. Dua soal pertama tentang menggambar grafik fungsi kuadrat dan dua soal selanjutnya tentang menentukan persamaan fungsi kuadrat berdasarkan gambar grafik yang disajikan. Kesalahan siswa dianalisis berdasarkan lembar jawaban serta wawancara yang langsung dilaksanakan oleh peneliti. Naskah soal yang akan diberikan untuk menganalisis kesalahan siswa akan divalidasi terlebih dahulu oleh dua orang validator sebelum diberikan kepada siswa. Validator terdiri satu orang dosen matematika dan satu orang guru mata pelajaran matematika di sekolah penelitian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari enam orang siswa di mana dua orang siswa yang memiliki kemampuan tinggi dua orang siswa yang memiliki kemampuan sedang dan dua orang siswa yang memiliki kemampuan rendah. Pemilihan subjek juga akan mempertimbangkan saran dari guru kelas yang lebih mengetahui karakteristik siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh subjek penelitian dapat dikatakan hampir tidak mengalami reading error pada materi fungsi kuadrat yang artinya subjek memahami makna kata yang digunakan dalam soal yang diajukan. Comprehension error transformation error process skill error dan encoding error muncul dalam menyelesaikan soal nomor 1 2 3 dan 4. Comprehension error yang dialami subjek dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 dikarenakan subjek tidak menuliskan secara lengkap apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Sedangkan dalam menyelesaikan soal nomor 3 dan 4 comprehension error terjadi karena subjek melewatkan suatu informasi yang tersaji dari gambar fungsi kuadrat yang diberikan. Transformation error yang dialami subjek dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 dikarenakan subjek tidak dapat menentukan prosedur yang lengkap dan benar untuk dapat menggambar grafik fungsi kuadrat. Sedangkan dalam menyelesaikan soal nomor 3 dan 4 transformation error terjadi karena mayoritas subjek tidak tahu rumus yang digunakan dalam menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat berdasarkan informasi titik koordinat yang dapat diketahui dari gambar. Process skill error yang terjadi dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 merupakan kelanjutan dari transformation error yang sudah terjadi sebelumnya. Encoding error dalam menyelesaikan soal nomor 3 dan 4 merupakan kelanjutan dari transformation error dan process skill error yang terjadi sebelumnya mayoritas dikarenakan subjek telah salah menentukan rumus yang digunakan dalam menentukan persamaan kuadratnya. Kesalahan yang paling sering muncul dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat adalah process skill error dan transformation error.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110815

Actions (login required)

View Item View Item