Analisis kemampuan spasial siswa di tahapan berpikir Van Hiele dalam langkah-langkah penyelesian masalah geometri berdasarkan polya / Luki Dwi Peni Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan spasial siswa di tahapan berpikir Van Hiele dalam langkah-langkah penyelesian masalah geometri berdasarkan polya / Luki Dwi Peni Rahayuningsih

Rahayuningsih, Luki Dwi Peni (2017) Analisis kemampuan spasial siswa di tahapan berpikir Van Hiele dalam langkah-langkah penyelesian masalah geometri berdasarkan polya / Luki Dwi Peni Rahayuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayuningsih Luki Dwi Peni. 2017. Analisis Kemampuan Spasial Siswa di Tahapan Berpikir van Hiele dalam Langkah-Langkah Penyelesaian Masalah Geometri Berdasarkan Polya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. (2) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci Kemampuan Spasial Penyelesaikan Masalah Polya Geometri. Kemampuan spasial meliputi persepsi spasial visualisasi rotasi mental relasi spasial dan orientasi spasial. Kemampuan spasial siswa mempengaruhi penyelesaian masalah geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa di tahapan berpikir van Hiele dalam langkah-langkah penyelesaian masalah geometri berdasarkan Polya. Indikator penyelesaian masalah menurut Polya yaitu 1) memahami masalah 2) merencanakan penyelesaian 3) melaksanakan rencana penyelesaian 4) memeriksa kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Siswa yang menjadi subjek penelitian yaitu 1 siswa level analisis diberi inisial S-2 dan 2 siswa level deduksi informal diberi inisial S-1 dan S-3. Ketiga subjek mengerjakan tugas penyelesaian masalah geometri materi jarak dalam ruang dan diwawancarai. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut kemampuan spasial S-1 dalam menyelesaikan masalah geometri yaitu 1) dalam memahami masalah menggunakan kemampuan spasial visualisasi yaitu menggambar kubus dan berorientasi samping kiri 2) dalam merencanakan penyelesaian menggunakan persepsi dan orientasi spasial yaitu mencari panjang AC melalui segitiga ARC yang siku-siku di R 3) dalam melaksanakan rencana penyelesaian menggunakan relasi spasial yaitu menghitung panjang AC dengan teorema Pythagoras 4) siswa tidak memeriksa kembali jawabannya. Kemampuan spasial S-2 dalam menyelesaikan masalah geometri yaitu 1) dalam memahami masalah menggunakan kemampuan spasial visualisasi yaitu menggambar kubus dan berorientasi samping kanan 2) dalam merencanakan penyelesaian menggunakan persepsi dan orientasi spasial yaitu mencari panjang AC melalui segitiga AVC yang siku-siku di V 3) dalam melaksanakan rencana penyelesaian menggunakan relasi spasial yaitu menghitung panjang AC dengan teorema Pythagoras 4) dalam memeriksa jawabannya menggunakan relasi spasial yaitu mensubstitusi hasil yang diperoleh ke teorema Pythagoras. Kemampuan spasial S-3 dalam menyelesaikan masalah geometri yaitu 1) dalam memahami masalah menggunakan kemampuan spasial visualisasi yaitu menggambar kubus dan berorientasi samping kanan 2) dalam merencanakan penyelesaian menggunakan persepsi dan orientasi spasial yaitu mencari panjang AC melalui segitiga ABC yang siku-siku di B 3) dalam melaksanakan rencana penyelesaian memutar segitiga CRB dalam kubus kemudian menggambar segitiga CRB serta menggunakan relasi spasial yaitu menghitung panjang AC dengan teorema Pythagoras 4) siswa tidak memeriksa kembali jawabannya hanya mengerjakan ulang perhitungan matematisnya. ABSTRACT Rahayuningsih Luki Dwi Peni. 2017. An Analysis on Students Spatial Ability in van Hiele s Thinking Stages on the Steps of Geometric Problem Solving Based on Polya. Thesis. Mathematics Education Program Post-graduate Program State University of Malang. Advisor (1) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. (2) Dr. Susiswo M.Si. Keyword Spatial Ability Problem Solving Based on Polya Geometry. Spatial ability consist of spatial perception visualization spatial relation mental rotation and spatial orientation. Students spatial ability affects the geometric problem solving. The purpose of this research is to analyze students spatial ability in solving geometric problem using Polya s steps. The indicators of problem solving according to Polya are understanding the problem devising a plan carrying out the plan and looking back at the answer. This research is a qualitative research. The subjects of this research are a student in level analysis with the initials S-2 and two students in level informal deduction with the initials S-1 and S-3. The three subjects are given geometric questions on the distance in the geometry and interviewed. Based on result this research some conclusions are gained. S-1 spatial ability in solving geometric problem is 1) in understanding the problem use visualization ability and oriented to the left spatial in drawing a cube 2) in devising a plan use spatial perception and spatial orientation when finding the length of AC through the triangle ARC with the right angle on R 3) in carrying out the plan use spatial relation when counting the length of AC by means of Phytagoras theorem 4) the student doesn t look back at her answer. S-2 spatial ability in solving geometric problem is 1) in understanding the problem use visualization ability and oriented to the right spatial in drawing a cube 2) in devising a plan use spatial perception and spatial orientation when finding the length of AC through the triangle AVC with the right angle on V 3) in carrying out the plan use spatial relation when counting the length of AC by means of Phytagoras theorem 4) looking back at the answer by substituting the gained result to Phytagoras theorem. S-3 spatial ability in solving geometric problem is 1) in understanding the problem use visualization ability and oriented to the right spatial in drawing a cube to understand the problem 2) in devising a plan use spatial perception and spatial orientation when finding the length of AC through the triangle ABC with the right angle on B to devise a plan 3) in carrying out the plan rotating the triangle CRB in a cube and then drawing the triangle CRB and using spatial relation when counting the length of AC by means of Phytagoras theorem d) the student doesn t look back at her answer only redoing the mathematical calculation.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110813

Actions (login required)

View Item View Item