Purwanto, Edi (2017) Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMA berdasarkan representasi dalam menyelesaikan masalah matematika / Edi Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwanto Edi 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siawa SMA Berdasarkan Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Erry Hidayanto M. Si (II) Dra. Santi Irawati M. Si Ph. D. Kata Kunci Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Keluwesan Elaborasi Kefasihan Keaslian Representasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMA berdasarkan aspek keluwesan (flexibility) elaborasi (elaboration) kefasihan (fluency) dan keaslian (originality). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan representasi yang dominan pada setiap kategori kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa masing-masing 2 siswa kemampuan berpikir kreatif tinggi sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen tes observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi memiliki keluwesan (flexibility) yang baik yaitu mampu merepresentasikan alternatif penyelesaian yang beragam rapi dan jelas. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi mampu menunjukkan elaborasi (elaboration) penjelasan idenya dengan baik sehingga representasinya mudah dimengerti orang lain. Subjek ini juga mampu dengan fasih memberikan bukti bahwa alternatif penyelesaian yang diberikan merupakan solusi yang baik dan benar. Sehingga menunjukkan aspek kefasihan (fluency) yang baik. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi mampu merepresentasikan alternatif penyelesaian masalah yang beragam baru dan unik. Sehingga menunjukkan aspek keaslian (originality) yang baik. Selain itu subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi lebih dominan pada representasi gambar. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang mampu merepresentasikan alternatif penyelesaian yang beragam tetapi kurang direpresentasikan secara rapi dan jelas. Selain itu beberapa ide yang dimunculkan cenderung monoton sehingga mengurangi keunikan hasilnya. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang kurang mampu merepresentasikan idenya secara rinci dan mendalam sehingga lebih susah dimengerti orang lain. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang mampu memberikan bukti bahwa alternatif penyelesaian yang diberikan merupakan solusi yang cukup baik. Selain itu subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang sedang lebih dominan pada representasi bahasa (lisan atau vokal). Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang rendah hanya mampu memberikan satu alternatif penyelesaian dengan benar dari masalah yang diberikan. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang rendah kurang mampu merepresentasikan idenya dengan jelas sehingga lebih susah dimengerti orang lain. Subjek dengan kemampuan berpikir kreatif yang rendah kurang mampu memberikan bukti bahwa alternatif penyelesaian yang diberikan merupakan solusi yang tepat. Selain itu beberapa penjelasan kurang lengkap dan kurang jelas. Berdasarkan penelitian ini guru perlu memperhatikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah yaitu dengan meningkatkan kemampuan keluwesan (flexibility) kemampuan elaborasi (elaboration) kefasihan (fluency) dan keaslian (originality).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110811 |
Actions (login required)
View Item |