Analisis kesalahan siswa SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat serta proses scaffolding-nya / Awim Iftiy Anfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat serta proses scaffolding-nya / Awim Iftiy Anfa

Anfa, Awim Iftiy (2017) Analisis kesalahan siswa SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat serta proses scaffolding-nya / Awim Iftiy Anfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anfa Awim Iftiy. 2017. Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat serta Proses Scaffolding-nya. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd Pembimbing (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata-kata kunci analisis kesalahan grafik fungsi kuadrat scaffolding Saat menggambarkan sketsa grafik fungsi kuadrat siswa hanya menghafal langkah-langkah menggambar saja dan hanya terfokus pada suatu soal tertentu. Padahal dalam menggambar grafik fungsi kuadrat mereka dapat menggambarkan sketsa grafiknya apabila mengetahui hubungan antar aspek yang diperlukan untuk menggambar grafik fungsi kuadrat. Oleh karena itu saat menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat banyak siswa yang melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan siswa harus segera diatasi supaya siswa dapat memepersiapkan materi matematikan berikutnya yang melibatkan grafik fungsi kuadrat. Sebelum membantu siswa untuk menyadari kesalahan yang dilakukan perlu dianalisis terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Salah satu alternatif bantuan yang dapat diberikan kepada siswa adalah scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat scaffolding yang sesuai untuk membantu siswa SMA menyadari kesalahannya. Untuk menentukan subjek yang akan diberi scaffolding dan diwawancara peneliti memberikan soal tes menggambar grafik fungsi kuadrat kepada seluruh siswa kelas X B dan X C. Peneliti mengelompokkan pekerjaan siswa yang melakukan kesalahan prosedural pada setiap soal. Peneliti memilih satu subjek pada masing-masing tipe kesalahan prosedural. Hasil pekerjaan siswa dari soal tes I dianalisis menggunakan teknik analisis yang terdiri dari dua kegiatan yaitu mendaftar dugaan-dugaan penyebab kesalahan dan menyusun rencana metode untuk membuat siswa menyadari kesalahannya dan dapat menuliskan jawaban yang benar dengan mengacu pada pedoman scaffolding. Berdasarkan hasil scaffolding peneliti menetapkan penyebab kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan temuan di lapangan peneliti mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa kelas X SMA dalam menggambar grafik fungsi kuadrat. Kesalahan siswa dalam menggambar grafik fungsi kuadrat terletak pada langkah-langkah menggambarnya. Kesalahan siswa dalam menentukan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu Y yaitu siswa menggunakan nilai diskriminan persamaan kuadrat dalam menentukan grafik fungsi kuadrat yang memotong sumbu Y penyebabnya adalah terpengaruh oleh pengetahuan terdahulu tentang konsep nilai diskriminan. Kesalahan siswa dalam menentukan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu X yaitu siswa kurang menguasai konsep pemfaktoran ab 0 8596 a 0 8897 b 0 dan mengganti nilai y dengan sebarang bilangan agar persamaan kuadrat yang diketahui bisa difaktorkan penyebabnya adalah siswa kurang menguasai konsep metode pemfaktoran untuk menentukan selesaian suatu persamaan kuadrat dan syarat nilai y pada koordinat titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu X. Kesalahan siswa dalam menghubungkan persamaan sumbu simetri dengan titik puncak grafik fungsi kuadrat yaitu siswa tidak memberikan simbol tanda kurung ketika siswa menentukan koordinat titik puncak grafik fungsi kuadrat dan siswa tidak menuliskan persamaan sumbu simetri dengan benar penyebabnya adalah siswa tidak mampu untuk mengaitkan persamaan sumbu simetri dengan koordinat titik puncak grafik fungsi kuadrat. Kesalahan siswa dalam menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat yaitu siswa menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat dengan asal-asalan dan tidak memahami bentuk sketsa grafik fungsi kuadrat adalah berupa kurva halus atau parabola penyebabnya adalah siswa kurang menguasai bentuk kurva yang dihasilkan dari fungsi kuadrat yang diberikan Untuk membantu subjek menyadari kesalahannya dan dapat menuliskan jawaban dengan tepat peneliti memberikan scaffolding yang didasarkan pada kesalahan-kesalahan prosedural yang dilakukan subjek. Scaffolding yang diberikan oleh peneliti berupa scaffolding level 2 berdasarkan pendapat Anghileri (2006) yaitu revieweing dan restructuring. Setelah pemberian scaffolding siswa dapat mengerjakan soal yang serupa dengan tepat atau setidaknya kesalahannya berkurang. ABSTRACT Anfa Awim Iftiy. 2017. Error Analysis of High School Students in Graphing Quadratic Function and the Scaffolding Process. Thesis. Mathematics Education Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd Advisor (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Keywords error analysis quadratic function graph scaffolding When graphing quadratic function students merely memorize the steps of graphing and focus only on certain exercise whereas in graphing they can draw the sketch of the graph if they know the relationship among aspects needed. Therefore many students make errors in graphing quadratic function. The errors have to be rectified so that the students are able to prepare the next materials involving quadratic function graph. Before helping the students realize the errors an analysis must be conducted in order to know the causes of the errors. One of the alternatives which can be given to the students is scaffolding. This study aims at describing the errors made by high school students in graphing quadratic function the causes of the errors and the appropriate scaffolding to help the students aware of the errors. In deciding the subjects the researcher carried out a test on graphing quadratic function to all students of XB and XC classes. The researcher grouped the results that had procedural errors. Then the researcher separated them based on the types of procedural errors. One subject was chosen from each type of procedural error. The results of the students test 1 were analyzed using an analysis technique consisting of two activities namely listing the assumptions of the cause of errors and planning a method for the students to make them aware of the errors and able to write the correct answer referring to the scaffolding guide. Based on the results of scaffolding the researcher concluded the causes of the errors made by the students. Based on the findings the researcher described the errors made by grade X students in graphing quadratic function. The errors mostly occured in the steps of graphing quadratic function. The students made an error in determining the cut-point of quadratic function graph towards Y axis is they used the discriminant value of quadratic function in determining the quadratic function graph which cut the Y axis. It was influenced by the prior knowledge regarding the discriminant value concept. In determining the cut-point of quadratic function graph towards X axis the students did not completely master the factorization concept of ab 0 8596 a 0 8897 b 0 and replaced the y value with any number so that the quadratic function could be factorized. It was caused by lack of mastery of factorial method to determine the solution of a quadratic function and y value requirement on the coordinate of quadratic function graph s cut-point towards X axis. Students error in connecting the symmetry axis with the peak point of quadratic function graph was that they did not put symbols and brackets when determining the coordinate of the peak point and they did not write the symmetry axis function appropriately. It was caused by students were not able to link the symmetry axis function with the peak point of quadratic function graph. The error in drawing the sketch of quadratic function graph was that the students drew the sketch carelessly and did not fully understand that the sketch of quadratic function graph is in the form of curve or parabola. The error occured because the students did not master the form of the curve resulting from the quadratic function given. To help the subjects aware of their errors and able to write the answer correctly the researchers provided scaffolding based on the procedural errors made by the subjects. Scaffolding given by the researcher was the level 2 scaffolding which according to Anghileri (2006) consists of reviewing and restructuring. After given the scaffolding the students were able to do the similar exercises correctly or at least with fewer errors.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110810

Actions (login required)

View Item View Item