Penalaran analogi siswa dalam menyelesaiakan maszalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematis / Muhammad Zainuddin MZ - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran analogi siswa dalam menyelesaiakan maszalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematis / Muhammad Zainuddin MZ

Zainuddin M.Z, Muhammad (2017) Penalaran analogi siswa dalam menyelesaiakan maszalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematis / Muhammad Zainuddin MZ. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zainuddin Muhammad MZ 2017. Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Tesis Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M. Ed Ph. D. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M. Si Ph . Kata Kunci Penalaran Analogi Masalah Aljabar Kemampuan Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematis yang meliputi tahap encoding inferring mapping dan applying. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Subjek penelitian yaitu 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematis tinggi 2 siswa berkemampuan matematis sedang dan 2 siswa berkemampuan matematis rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik pemilihan subjek purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan matematis soal tes penalaran analogi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah penalaran analogi pada subjek kemampuan matematis tinggi melakukan penalaran analogi pada materi aljabar dengan baik yaitu pada tahap encoding subjek mengidentifikasi struktur dari masalah sumber dan masalah target dengan menuliskan unsur-unsur kunci yang diketahui pada bangun persegi panjang dan bangun segitiga siku-siku. Pada tahap inferring subjek menemukan hubungan unsur-unsur pada masalah sumber dalam hal ini hubungan antara komponen-komponen pada bangun persegi panjang dan luasnya dengan menggunakan langkah-langkah penyelesaian serta penggunaan konsep yang tepat. Pada tahap mapping subjek menemukan hubungan yang identik antara struktur yang terjadi pada masalah sumber dan masalah target yaitu dengan menentukan ukuran luas pada bangun persegi panjang dan luas pada bangun segitiga siku-siku. Pada tahap applying subjek menyelesaikan masalah target dengan menggunkan konsep yang sama dengan masalah sumber meskipun terdapat sedikit perbedaan dalam proses penyelesaiannya. Penalaran analogi pada subjek kemampuan sedang belum melakukan penalaran analogi pada materi aljabar dengan baik karena terdapat beberapa kesulitan yang terjadi pada beberapa komponen penalaran analogi sehingga tidak tercapainya proses encoding dan applying. Penalaran analogi subjek kemampuan matematis rendah belum melakukan penalaran analogi terhadap materi aljabar dengan baik karena dalam menyelesaikan masalah mengalami kesulitan pada tahap inferring dan applying yang disebabkan kurangnya pemahaman terhadap masalah yang diberikan dan kurangnya pemahaman terhadap konsep pada materi aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110808

Actions (login required)

View Item View Item