Hidayah, Shofia (2017) Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika serta pelaksanaan scaffolding-nya / Shofia Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayah Shofia. 2017. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika serta Pelaksanaan Scaffolding-nya.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D. Kata Kunci kesalahan soal cerita scaffolding Kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita PLSV masih sering terjadi. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita PLSV mengindikasikan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Oleh karena itu analisis lebih lanjut terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita PLSV perlu dilakukan sehingga guru dapat memperoleh solusi yang tepat untuk membantu siswa mengatasi kesalahan yang mereka lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita PLSV berdasarkan prosedur Newman kesalahan kecerobohan dan pelaksanaan scaffolding untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan scaffolding level kedua menurut Anghileri yaitu explaining reviewing and restructuring. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Prajekan sebanyak 27 orang. Pada saat tes pertama peneliti meminta seluruh siswa untuk menyelesaikan soal tes I. Berdasarkan kelengkapan jawaban dan adanya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes I maka dipilihlah calon subjek untuk penelitian ini. Selanjutnya berdasarkan nilai tes pertama peneliti mengelompokkan calon subjek yang terpilih ke dalam tiga kelompok kemampuan kognitif yaitu kelompok kemampuan kognitif tinggi sedang dan rendah. Kemudian berdasarkan lembar kerja calon subjek peneliti menentukan kategori kesalahan yang paling dominan dari masing-masing kelompok. Selanjutnya berdasarkan kemampuan calon subjek dalam berkomunikasi dan juga rekomendasi dari guru peneliti memilih satu subjek dari masing-masing kelompok yang mewakili kategori kesalahan yang paling dominan dari kelompoknya. Dengan demikian ada 3 subjek dalam penelitian ini yaitu subjek berkemampuan kognitif tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan kognitif tinggi yaitu kesalahan menuliskan jawaban akhir dan kesalahan kecerobohan. Kategori kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan kognitif sedang yaitu kesalahan transformasi dan kecerobohan. Kategori kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan kognitif rendah yaitu kesalahan transformasi dan keterampilan proses. Scaffolding berupa explaining dilakukan dengan menjelaskan cara menemukan penyelesaian yang tepat dari PLSV. Reviewing dilakukan dengan a) meminta siswa untuk memperhatikan informasi pada soal b) mengajukan beberapa pertanyaan pancingan supaya siswa dapat menyadari kesalahan yang dilakukannya dan mampu menentukan pemisalan variabel yang sesuai dengan informasi pada soal sehingga siswa dapat membuat model matematika yang tepat dari soal c) mengajukan beberapa pertanyaan pancingan agar siswa dapat menemukan penyelesaiaan PLSV yang tepat dari soal d) meminta agar siswa membandingkan kalimat yang ditulisnya pada tahap menuliskan jawaban akhir dengan kalimat pertanyaan pada soal e) mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa dapat menyadari kesalahannya dan dapat menemukan kalimat yang tepat untuk merepresentasikan jawaban akhir yang telah diperolehnya. Kemudian restructuring dilakukan dengan meminta siswa untuk memperbaiki pekerjaannya pada lembar kerja yang telah disediakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110807 |
Actions (login required)
View Item |