Mardiana, Sebti (2017) Folding back mahasiswa dalam menyelesaikan masalah turunan berdasarkan pemahaman instrumental dan relasional / Sebti Mardiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mardiana Sebti. 2017. Folding Back Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Berdasarkan Pemahaman Instrumental dan Relasional. Tesis S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susiswo M.Si. (2) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Folding Back Pemahaman Instrumental dan Relasional Turunan. Pemahaman instrumental dan relasional yang dimiliki mahasiswa memungkinkan terjadinya perbedaan penyelesaian masalah. Penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa mahasiswa masih memiliki kesulitan dalam menyelesaikan masalah turunan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan folding back yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah turunan berdasarkan pemahaman instrumental dan relasional. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa tahun pertama S1 jurusan matematika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah kalkulus. Subjek digolongkan dalam kecenderungan pemahaman instrumental dan relasional. Data tentang folding back yang dilakukan oleh subjek di masing-masing kecenderungan pemahaman dikumpulkan melalui pemberian masalah turunan think aloud dan wawancara semi terstruktur. Dengan menggunakan within case analysis dideskripsikan folding back masing-masing subjek berdasarkan sumber bentuk hasil dan perilaku penyelesaian masalah yang muncul. Selanjutnya dengan menggunakan cross case analysis dilakukan pembandingan antara folding back yang dilakukan oleh subjek instrumental dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan folding back yang dilakukan subjek instrumental dan relasional dalam menyelesaikan masalah turunan. Persamaan folding back subjek instrumental dan relasional adalah (1) subjek instrumental maupun relasional melakukan folding back melalui intervensi invokatif oleh peneliti (2) subjek instrumental dan relasional sebagian besar merupakan folding back yang efektif dan (3) tidak ada satupun subjek instrumental dan relasional yang melakukan perilaku penyelesaian masalah setting up hypothetical situation. Sedangkan perbedaan folding back subjek instrumental dan relasional adalah (1) intensitas folding back melalui intervensi invokatif subjek relasional lebih sedikit dibandingkan subjek instrumental (2) subjek instrumental lebih sering melakukan folding back dalam bentuk bekerja di lapisan lebih dalam sementara subjek relasional lebih sering melakukan folding back dalam bentuk mengumpulkan di lapisan yang lebih dalam dan (3) subjek relasional menunjukkan perilaku penyelesaian masalah yang lebih bervariasi dibandingkan subjek instrumental.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110806 |
Actions (login required)
View Item |