Pengembangan rubrik penskoran asesmen otentik untuk mata pelajaran matematika SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung / Astin Duwi Mutiara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rubrik penskoran asesmen otentik untuk mata pelajaran matematika SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung / Astin Duwi Mutiara

Mutiara, Astin Duwi (2017) Pengembangan rubrik penskoran asesmen otentik untuk mata pelajaran matematika SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung / Astin Duwi Mutiara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutiara Astin Duwi. 2017. Pengembangan Rubrik Penskoran Asesmen Otentik untuk Mata Pelajaran Matematika Jenjang SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (2) Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci pengembangan rubrik penskoran asesmen otentik Sejak diberlakukannya kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud no 104 tahun 2014 maka asesmen otentik diberlakukan pada semua mata pelajaran dan semua jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Montgomery (2008) menyatakan bahwa rubrik mendukung asesmen otentik. Rubrik yang digunakan dalam asesmen otentik adalah rubrik holistik dan analitik (Mertler 2001). Berdasarkan hasil investigasi awal diperoleh bahwa rubrik yang beredar saat ini memiliki banyak kelemahan dan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan mengembangkan rubrik holistik dan analitik yang memenuhi kriteria valid praktis dan reliabel. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Plomp (2007) dengan prosedur (1) penelitian awal (preliminary research) (2) fase pengembangan (prototyping phase) dan (3) fase penilaian (assessment phase). Rubrik yang saat ini sudah banyak digunakan memiliki banyak kelemahan dan kekurangan. Fase pengembangan dihasilkan prototype rubrik holistik dan analitik beserta instrumen pendukung pengembangan rubrik holistik dan analitik. Instrumen pendukung pengembangan rubrik holistik dan analitik adalah (1) soal otentik (2) angket respons pengguna dan (3) lembar validasi. Aspek yang akan diskor pada rubrik analitik yaitu (1) informasi dari soal (2) prosedur (3) proses perhitungan dan (4) hasil akhir. Rentang skor yang diberikan pada rubrik holistik adalah 1 hingga 4 sedangkan pada rubrik analitik adalah 6 hingga 24. Fase penilaian dihasilkan (1) analisis hasil validasi menunjukkan bahwa rubrik holistik dan analitik sangat valid (2) analisis angket respons pengguna menunjukkan bahwa rubrik holistik dan analitik cukup praktis dan (3) analisis skor siswa menunjukkan bahwa rubrik holistik dan analitik reliabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rubrik holistik dan analitik yang dikembangkan valid praktis dan reliabel. ABSTRACT Mutiara Astin Duwi. 2017. The Development of Scoring Rubric for Authentic Assessment of Mathematics Junior High School on Three Dimentional Space. Thesis Department of Mathematics Education Postraduate State University of Malang. Counselor (1) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (2) Dr. Abadyo M.Sc. Keywords development scoring rubrics authentic assessment Since the enactment of the 2013 curriculum based on Permendikbud no 104 2014 the authentic assessment has been applied to all subjects and all levels of primary and secondary education in Indonesia. Montgomery (2008) stated that the rubric supports the authentic assessment. The rubric used in the authentic assessment is holistic and analytical rubric (Mertler 2001). The preliminary investigation results revealed that the current rubric has many weaknesses and shortcomings. This study aims to develop holistic and analytical rubrics that are valid practical and reliable. This research and development used the Plomp (2007) model. The procedures are (1) preliminary research (2) prototyping phase and (3) assessment phase. The rubric usually used by teachers has many weaknesses. This present research provides holistic and analytical rubric prototype along with supporting instrument of holistic and analytical rubric development. The instruments supporting the development of holistic and analytic rubrics are (1) authentic questions (2) user response questionnaires and (3) validation sheets. Aspects to be scored in the analytic rubric are (1) information from the problem (2) the procedure (3) the calculation process and (4) the final result. The range of scores given in the holistic rubric were 1 to 4 while in the analytic rubric were 6 to 24. Assessment phase is generated (1) analysis of validation results indicate that the holistic and analytic rubrics are very valid (2) the user questionnaire analysis showed that the holistic and analytical rubrics were quite practical and (3) the student score analysis indicated that the holistic analytics rubric were reliable. So it can be concluded that the holistic and analytical rubrics developed were valid practical and reliable.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110805

Actions (login required)

View Item View Item