Defragmentasi sturuktur berpikir siswa bergaya kognitif field-dependent dan field-independent dalam menyelesaikan soal cerita / Alif Nadia Makhrubi - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmentasi sturuktur berpikir siswa bergaya kognitif field-dependent dan field-independent dalam menyelesaikan soal cerita / Alif Nadia Makhrubi

Makhrubi, Alif Nadia (2017) Defragmentasi sturuktur berpikir siswa bergaya kognitif field-dependent dan field-independent dalam menyelesaikan soal cerita / Alif Nadia Makhrubi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makhrubi Alif Nadia. 2017. Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si. (2) Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci Defragmentasi Struktur Berpikir Gaya Kognitif Soal Cerita Soal cerita memiliki fungsi penting dalam pembelajaran matematika namun ternyata soal cerita termasuk soal yang cukup sulit untuk dikerjakan siswa sehingga menyebabkan kesalahan dalam menyelesaikannya. Untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dilakukan defragmentasi struktur berpikir. Dalam menyelesaikan soal cerita terdapat faktor-faktor kognitif yang mempengaruhi kemampuan siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gaya kognitif Field-Dependent (FD) dan Field-Independent (FI). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa FD dan FI dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 4 Malang. Siswa diberikan tes awal yang terdiri dari dua soal cerita pertidaksamaan kuadrat dan tes penggolongan gaya kognitif (GEFT) kemudian diambil dua siswa yang dijadikan subjek penelitian dengan rincian satu siswa FD dan satu siswa FI. Data pada penelitian ini adalah hasil tes siswa sebelum dan sesudah defragmentasi hasil tes GEFT serta hasil wawancara selama defragmentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya kognitif FD dalam menyelesaikan soal cerita adalah melalui disequilibrasi cognitive conflict dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita disequilibrasi dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam merencanakan strategi penyelesaian disequilibrasi dan cognitive conflict ketika melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan matematis serta cognitive conflict dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam mengecek jawaban dengan masalah awal. Sementara itu defragmentasi struktur berpikir siswa bergaya kognitif FI dalam menyelesaikan soal cerita adalah melalui disequilibrasi dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam merencanakan strategi penyelesaian disequilibrasi cognitive conflict dan scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan matematis serta scaffolding ketika melakukan kesalahan dalam mengecek jawaban dengan masalah awal. Defragmentasi struktur berpikir yang dibutuhkan siswa FD lebih banyak daripada siswa FI. Hal ini dikarenakan siswa FD lebih bergantung pada lingkungan dalam hal ini peneliti sedangkan siswa FI lebih suka berpikir sendiri dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu siswa FD membutuhkan lebih banyak stimulus defragmentasi daripada siswa FI.Defragmentasi struktur berpikir dapat menata ulang struktur berpikir siswa FD dan FI menjadi struktur berpikir yang benar yaitu sesuai dengan struktur masalah pada soal cerita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110804

Actions (login required)

View Item View Item