Purnomo, Eko Priyanto (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bangkalan pada materi segitiga / Eko Priyanto Purnomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purnomo EP. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Bangkalan pada Materi Segitiga. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci TPS Media Interaktif Hasil Belajar Segitiga Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bangkalan pada materi segitiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan partisipannya adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Bangkalan sebanyak 34 orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi proses pembelajaran dan hasil tes untuk mengukur hasil belajar pada materi segitiga. Pada penelitian ini menggunakan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif. Adapun langkah langkah pembelajaran ini yaitu 1) berpikir sendiri (Think) 2) bepasangan (Pair) 3) berbagi (Share). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif di kelas VII B SMP Negeri 1 Bangkalan dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi segitiga. Pada tahap awal adalah mengingat kembali materi prasyarat menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi tentang pentingnya materi segitiga. Tahap awal diakhiri dengan siswa menempati posisi kelompoknya. Pada tahap inti pembelajaran diawali dengan siswa berpikir sendiri (Think) dengan berbantuan media interaktif dengan mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKS) yang telah diberikan sub materi pada segitiga meliputi mengklasifikasi segitiga ditinjau dari sudut dan sisinya mendeskripsikan sifat-sifat segitiga ditinjau dari sudut dan sisinya hubungan antar sisi dan antar sudut segitiga keliling dan luas segitiga. Pada kegiatan ini siswa diminta memahami dan menjawab materi pada LKS yang telah dibagikan guru dengan bantuan media interaktif. Selanjutnya setiap siswa mulai melakukan kegiatan seperti mengukur panjang sisi segitiga menggunakan penggaris dan mengukur besar sudut menggunakan busur. Dari kegiatan tersebut siswa mengumpulkan informasi mengenai panjang sisi dan besar sudut yang telah mereka dapatkan dan menjawabnya pada LKS yang telah diberikan kemudian dilanjutkan berpasangan dengan anggota kelompoknya (Pair) siswa saling berdiskusi membantu serta tanya jawab mengenai lembar kegiatan siswa (LKS) yang telah mereka kerjakan dan terakhir berbagi (Share) mempresentasil hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lain serta melakukan diskusi dan tanya jawab. Pada tahap akhir adalah menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai mengklasifikasi segitiga ditinjau dari sudut dan sisinya mendeskripsikan sifat-sifat segitiga ditinjau dari sudut dan sisinya hubungan antar sisi dan antar sudut segitiga keliling dan luas segitiga.Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa di tindakan I yaitu 48% siswa yang tuntas sedangkan hasil tes belajar siswa di tindakan II yaitu 85% siswa yang tuntas. Peningkatan hasil tes belajar siswa dari siklus I ke Siklus II yaitu 37%. Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media interaktif yang dapat meningkatkan hasil belajar dicirikan sebagai berikut 1) Penyajian materi menggunakan media interaktif 2) pembentukan kelompok yang berbeda dari Siklus I ke Siklus II 3) pengarahan yang diberikan peneliti kepada siswa yang mengalami kesulitan saat berkelompok 4) presentasi kelas membuat siswa lebih memahami materi yang dipelajari dan membuat siswa lebih percaya diri 5) pemberian informasi diakhir pembelajaran 6) pemberian penghargaan kelompok yang berupa tepuk tangan. ABSTRACT Purnomo EP. 2017. The Implementations of Think Pair Share (TPS) Cooperative Learning Assistance Interactive Media to Improve The Learning Outcomes of Triangle Material Seventh Grade of SMPN 1 Bangkalan. Thesis. Postgraduate of Mathematic Department State University of Malang Advisors (1) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Keywords TPS Interactive Media Learning Outcomes Triangle The purpose of the study is to describe cooperative learning think pair share (TPS) assistance interactive media to improve the learning outcomes of triangle material seventh grade of SMPN 1 Bangkalan. The study uses Classroom Action Research (CAR) model. The research contains four steps i.e. plan action observation and reflection. The steps are conducted in a repeated cycle. The subject of the study is the researcher who plays role as the teacher and the participants are 34 seventh-b graders of SMPN 1 Bangkalan. The collected data is in form of research observation results and the learning outcomes in triangle in mathematic test result. In this study applied Think Pair Share (TPS) method with interactive media. The steps of this learning are 1) think 2) pair 3) share. The result of this study showed that cooperative learning think pair share (TPS)assisted with interactive media could improve the learning Outcomes in Seventh Grade Students of Junior High School 1 Bangkalan on triangle material. . In the early stages is to recall the prerequisite material convey the purpose of learning and provide motivation about the importance of triangular material. The initial stage ends with the student occupying the position of his group. At the core stage is the learning begins with the students thinking themselves (Think) with the help of interactive media by working on the student worksheet which has been given sub-material snippets on the triangle that is Classify the properties of the triangle viewed from the angle and sides describing the properties of the triangle viewed from the angle and sides relations between sides and between angles of triangle Circumference and area of triangle . In this activity the students are required to understand and answer the material on the worksheet that has been distributed by the teacher. Next each student starts doing activities such as measuring the length of the sides of a triangle using a ruler and measuring a large angle using an arc. From these activities the students collect information about the length of the sides and the angle they have got and answer it to the worksheet that has been given then continued in pairs with the group members (Pair)to discuss each other helping and questioning about the student activities that they have done and lastly sharing (Share) presented the results of group discussion to other groups as well as discussion and question and answer session. In the final stage is to conclude the learning outcomes classify the properties of the triangle viewed from the angle and sides describing the properties of the triangle viewed from the angle and sides relations between sides and between angles of triangle Circumference and area of triangle. This could be seen from the result of student learning test in cycle I that was 48% of complete student while result of student learning test in cycle II that is 85% student which complete. The improvement of student learning test result from cycle I to Cycle II was 37%. Cooperative learning think pair share (TPS)assisted with interactive media to improve the learning outcomes of triangle material were done by the following features 1) Presentation of materials using interactive media 2) a different group forming from first cycle to second cycle that impact significantly on students activeness in group discussion 3) guiding is given to students which have difficulties in group discussion 4) classroom presentation can improve students comprehension of the materials and build confidences 5) giving information at the end of the lesson 6) giving rewards to groups in the form of applause
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110803 |
Actions (login required)
View Item |