Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat MTs Al Falah Kabupaten Madiun / Wiwik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat MTs Al Falah Kabupaten Madiun / Wiwik

Wiwik (2017) Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat MTs Al Falah Kabupaten Madiun / Wiwik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiwik. 2017. Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Segiempat MTs Al Falah Kabupaten Madiun. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sadijah M.Pd M.A. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph. D Kata Kunci TTW Open ended Pemecahan Masalah Segiempat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran TTW berbasis open ended yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Al Falah pada materi segiempat kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Tahapan dalam PTK ini meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VII MTs Al Falah dan peneliti berperan sebagai guru. Pengumpulan data dari penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru hasil observasi aktivitas siswa dan hasil tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat dengan memberikan masalah atau soal open ended. Pembelajaran TTW berbasis open ended yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi segiempat pada penelitian ini mempunyai karakteristik diantaranya 1) pembentukan kelompok dilakukan diluar jam pelajaran sebelum pembelajaran dimulai dan jangan dilakukan pada saat pembelajaran 2) pada tahap think soal yang diberikan berbentuk open ended dan kontekstual 3) pada tahap talk guru memberikan scaffolding dengan menunjukkan kepada siswa alternatif jawaban lain 4) memberikan tambahan nilai bagi siswa yang presentasi 5) pada tahap write guru memberikan contoh rangkuman yang telah dibuatnya bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam membuatnya 6) Setiap hasil rangkuman terbaik diberikan penghargaan berupa bolpoin. ABSTRACT Wiwik. 2017. The Think Talk Write (TTW) Learning Based On Open Ended to Improve Students Problem Solving Ability On Quadrilateral Sevent Grade MTs Al Falah Madiun. Thesis. Post Graduate Mathematics Education Program State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Cholis Sadijah M.Pd M.A. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph. D Key Word TTW Open ended Problem Solving Quadrilateral The purpose of this study was to describe the think talk write (TTW) learning based on open ended that could improve math problem solving ability of seventh grade students MTs Al Falah on quadrilateral. The type of this study was classroom action research. The steps of this study consist of planning acting observating and reflecting. Subject of this study were 15 students of seventh grade MTs Al Falah and the researcher was a math teacher. The data collecting in this study were the result of teacher activities the result of students activities and the result of test to determine the level students math problem solving ability on quadrilateral. The TTW learning that can improve student s problem solving ability on quadrilateral in this study had characteristics i.e 1) grouping was done out of the lesson hours before the learning activity began 2) on think step the teacher gave open ended and contextual question 3) on the talk step the teacher provided scaffolding by showing alternative solution 4) the teacher gave extra score to students who did presentation 5) on the write step the teacher gave the example of resume to students whose difficulty 6) for students whose the bestresume were be giventhe reward of pen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110802

Actions (login required)

View Item View Item