Hadiyanto, Fahrur Rozi (2017) Analisis kesalahan siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal geometri dan upaya memperbaikinya dengan scaffolding / Fahrur Rozi Hadiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadiyanto Fahrur Rozi. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Geometri dan Upaya Memperbaikinya dengan Scaffolding. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hery Susanto M.Si. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci geometri analisis kesalahan scaffolding. Geometri adalah salah satu cabang yang penting yang mendominasi pembelajaran matematika di high school classes. Pada studi pendahuluan ditemukan bahwa siswa kelas VII masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal geometri. Salah satu tindakan untuk membantu siswa yakni dengan melakukan scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP saat mengerjakan soal geometri 2) penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut dan 3) langkah-langkah scaffolding untuk membantu siswa mengurangi kesalahannya dalam menyelesaikan soal pada materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan didukung oleh instrumen lainnya antara lain 1) soal tes dan 2) pedoman scaffolding. Data dari penelitian ini berasal dari lembar jawaban siswa dan transkrip saat pemberian scaffolding. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 33 siswa. Tiga subjek ini dipilih dari tiga kategori kemampuan yang berbeda yakni tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan adalah Kesalahan dalam memahami soal yaitu tidak menjawab salah satu pertanyaan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan konseptual yang meliputi 1) jenis segitiga berdasarkan sudut 2) membedakan antara garis dan sudut dan 3) memahami sifat-sifat dalam belah ketupat. Kesalahan prosedural yang meliputi 1) salah dalam perhitungan 2) salah dalam menerapkan teorema Phytagoras 3) tidak mengerti cara mengerjakan soal tersebut 4) salah dalam menarik kesimpulan dan 5) salah dalam mengudratkan suatu bilangan. Penyebab terjadinya kesalahan dalam memahami soal adalah subjek penelitian tidak membaca soal dengan teliti. Penyebab terjadinya kesalahan konseptual antara lain 1) belum mengetahui tentang konsep operasi pada bilangan 2) kurang mampu membedakan jenis segitiga 3) gagal dalam memahami makna garis dan sudut pada suatu bidang dan 4) terlalu percaya diri. Sedangkan penyebab kesalahan prosedural antara lain 1) terlalu terburu-buru dalam mengoperasikan bilangan 2) tidak menggambar terlebih dulu 3) kurangnya variasi soal dan 4) kurang teliti. Penelitian ini juga melakukan scaffolding. Langkah-langkah yang dilakukan adalah 1) memberikan prompting atau probing questions 2) memberikan parallel modeling 3) menyederhanakan masalah untuk mempermudah subjek dalam menyelesaikan soal ataupun 4) menegosiasi makna. Scaffolding level 2 (reviewing dan restructuring) dapat membantu siswa dalam menyadari kesalahan yang dilakukannya. Selain itu setelah dilakukannya scaffolding terlihat siswa telah mampu menjawab soal serupa dengan soal test I. ABSTRACT Hadiyanto Fahrur Rozi. 2017. Error Analysis of Grade VII Junior High School Students in Solving Geometry Problems and Efforts to improve it with Scaffolding. Thesis. Mathematics Major. Graduate Program of State University of Malang. Counselor (I) Dr. Hery Susanto M.Si. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Keywords geometry error analysis scaffolding. Geometry is one of the most important branches that dominates the learning of mathematics in high school classes. In the preliminary study found that the seventh grade students still make many errors in solving the problem of geometry. One of the actions to help students is by doing scaffolding. The purpose of this study is to describe 1) errors made by grade VII students of SMP while doing the geometry problem 2) the cause of the errors and 3) scaffolding steps to help the students reduce their error in solving the problem on the geometry material. This research is a qualitative research. In this study researchers acted as the main instrument and supported by other instruments among others 1) test questions and 2) scaffolding guidelines. Data from this study came from students answer sheets and transcripts when giving scaffolding. The subjects of this study were 3 of 33 students. These three subjects are selected from three different categories of abilities namely high medium and low. The results showed that the type of error that is done is the error in understanding the problem is not answering one of the questions in solving the problem. Conceptual errors include 1) angular type of triangle 2) distinguish between line and angle and 3) understand the properties of the diamond. Procedural error which includes 1) wrong in calculation 2) wrong in applying Pythagoras theorem 3) not understanding how to do the problem 4) wrong in drawing conclusion and 5) wrong in squaring a number. The cause of the error in understanding the problem is the subject of the study did not read the problem thoroughly. Causes of a conceptual error include 1) not knowing about the concept of operation on numbers 2) not being able to distinguish between types of triangles 3) failing to understand the meaning of lines and angles on a plane and 4) overconfidence. While the causes of procedural errors include 1) too hasty in operating numbers 2) not drawing first 3) lack of variation of questions and 4) less thorough. This study also conducted scaffolding. The steps taken are 1) giving prompting or probing questions 2) providing parallel modeling 3) simplifying the problem to simplify the subject in solving the problem or 4) negotiating meaning. Scaffolding level 2 (reviewing and restructuring) can help the student in realizing his mistakes. In addition after the scaffolding seen the students have been able to answer the problem similar to the test I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110800 |
Actions (login required)
View Item |