Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model problem creating dengan langkah pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII matari Persamaan Kuadrat / Muliana sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model problem creating dengan langkah pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII matari Persamaan Kuadrat / Muliana sari

Sari, Muliana (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model problem creating dengan langkah pemecahan masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII matari Persamaan Kuadrat / Muliana sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Muliana. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Creating dengan Langkah Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Kuadrat. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Susiswo M.Si (2) . Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Creating Pemecahan Masalah Polya Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model problem creating. Pengambilan model problem creating dengan langkah pemecahan masalah Polya menurut beberapa teori dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian pengembangan ini dilatar-belakangi dengan pentingnya berpikir kritis yang dimiliki siswa untuk bekal dimasa depan. Kenyataannya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Selain itu perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru belum memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah memperbaiki kegiatan pembelajaran dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal pembuatan prototipe dan fase penilaian. Instrumen pada penelitian ini diantaranya (1) lembar validasi (2) lembar observasi aktivitas siswa (3) lembar observasi aktivitas guru (4) angket respon siswa dan (5) tes kemampuan berpikir kritis siswa. Kevalidan produk dinilai dari hasil validasi sedangkan kepraktisan dan keefektifan dinilai dari hasil uji coba di lapangan. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gambut. Hasil uji kevalidan dari tiga validator menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba pada 27 siswa kelas VIII F SMPN 1 Gambut diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Skor kevalidan yang diperoleh sebesar 3 54 yang berarti valid. Skor kepraktisan RPP sebesar 3 31 dan kepraktisan LKS sebesar 3 29 yang berarti praktis. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 3 20 yang berarti aktif dan keefektikannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebesar 74%. ABSTRACT Sari Muliana. 2017. The Develoment of Learning Facilities Using Problem Creating Model with Polya Problem Solving Strategies to Increase the Critical Thinking Ability of VIII Graders of Quadratic Equations. Thesis. Study Programme of Mathematics Education Magister Program State University of Malang. Advisors (1) Dr. Susiswo M.Si (2) . Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si . Key words Development Learning Facilities Problem Creating Polya s Problem Solving Critical Thinking Ability. This research is a developmental research. The aim of this study is producing learning facilities that is lesson plan (RPP) and student worksheet (LKS) to improve students ability to think critically. Learning facilities developed using problem creating model. Problem creating model with problem solving step is chosen because it is theoretically that capable to improve students ability to think critically. The background had by this developmental research is the importance of critical thinking that students for future s needed competence. In reality the lowness of students critical thinking ability. Moreover there isn t any learning facilities that facilitate student s to develop critical thinking ability. Students critical thinking can be improved with improvement in learning activities and producing qualite learning facilities. This developmental research model used in this research is the model created by Plomp which consists of three stages that are preliminary researeh prototyping phase and assessment phase. The Instrument used in this research are (1) validation sheets (2) students activity observation sheet (3) teacher s activity observation sheet (4) students response questionnaire And (5) critical thinking ability test. Products validity was assessed based validation results while products practicality and effectiveness was assessed from field testing result. This research was conducted at SMP Negeri 1 Gambut. The validations results from three validators showed that all facilities learning satisfied valid criteria. As a result testing on 27 students at class VIII F SMPN 1 Gambut the learning facilities are practical and effective. The validity score are 3 54 (valid). The practical lesson plan score are 3 31 and the practical students worksheet score are 3 29. And students activity score 3 20 and this learning facilities can increase students ability to think critically by 74%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110797

Actions (login required)

View Item View Item