Meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran kooperatif pairs check dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Neeri 1 Jeumpa / Zulbaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran kooperatif pairs check dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Neeri 1 Jeumpa / Zulbaili

Zulbaili (2017) Meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran kooperatif pairs check dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Neeri 1 Jeumpa / Zulbaili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulbaili. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pairs Check dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jeumpa. Tesis Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M.Si. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Kata Kunci Pairs Check Pendekatan Saintifik Pemahaman Bangun Ruang Sisi Datar. Di dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar siswa sangat membutuhkan pemahaman konsep. Siswa dapat memahami konsep bangun ruang sisi datar jika siswa mengonstruksikan konsep dengan pengetahuan mereka sendiri dan banyak berlatih menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Pada kenyataannya di SMP Negeri 1 Jeumpa guru tidak memfasilitasi siswa untuk mengontruksikan konsep secara mandiri dan tidak memberikan soal latihan yang cukup yang mengakibatkan siswa kurang memahami konsep bangun ruang sisi datar. Hal ini dilihat dari rendahnya hasil tes siswa dalam menyelesaikan permasalahan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Model kooperatif Pairs Check dengan pendekatan saintifik dijadikan sebagai satu solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif Pairs Check dengan pendekatan saintifik yang mampu meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Elliott yang dilaksanakan di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Jeumpa dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa tes dan didukung dengan rekaman video pembelajaran serta wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kulitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Pairs Check dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui beberapa langkah dalam meyelesaikan soal yaitu pembentukan kelompok dan pasangan secara heterogen. Kemudian siswa dengan pasangannya bekerja bersamaan dalam menyelesaikan dua soal. Partner A menyelesaikan soal pertama sedangkan partner B menyelesaikan soal kedua. Setelah selesai mengerjakan kedua soal tersebut siswa dan pasangannya saling mengecek jawaban partnernya. Selanjutnya kedua pasangan saling mengecek jawabannya dengan cara membandingkan jawabannya tersebut. Setelah pengecekan jawaban selesai perwakilan anggota kelompok mempresentasikan jawabannya untuk mendapatkan tanggapan dari teman sejawat atau guru sebagai umpan balik. Terakhir setiap pasangan menyelesaikan dua soal berikutnya dengan melakukan pengulangan langkah-langkah Pairs Check. ABSTRACT Zulbaili. 2017. Improving Understanding of the Polyhedron Concepts through Pairs Check Cooperative Learning Model using Scientific Approach to the 8th Graders of SMPN 1 Jeumpa. Thesis Postgraduate Mathematics Education Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M.Si. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Key Words Pairs Check Scientific Approach Understanding Polyhedron. In learning the concept of polyhedron it strongly requires students to understand. Students can understand this concept if they are able to construct it by their knowledge and do more exercises in solving and answering the questions about polyhedron. In fact in SMP Negeri 1 Jeumpa the teachers do not facilitate students to construct the concept by themselves and do not give enough exercise in solving questions about polyhedron. Such situation therefore contributes to make students of SMP Negeri 1 Jeumpa have low understanding towards the concept of polyhedron. It can be seen from the low scores when they solved questions of surface area and volume of polyhedra. The Pairs Check cooperative learning model using the scientific approach was used as a solution for improving students understanding concepts. The aim of this study to describe the implementation of the Pairs Check cooperative model using the scientific approach that could improve the students understanding of polyhedron concept. This classroom action research (CAR) used Elliot s model which was conducted on grade VIII-1 SMP Negeri 1 Jeumpa with 28 students as research subjects. The data were collected through the results of observation on the teacher s activity students activity and the scores of comprehension test supported by the the video recording during learning activity and interview. The data analysis which has been done is quantitative and qualitative data analysis. The result of the study shows that the Pairs Check cooperative learning model using scientific approach could improve the students understanding of polyhedron concept through several steps of problem solving i.e the formation of heterogeneous groups and pairs. In their pairs the students solved two problems together. The partner A solved the first problem and the partner B solved the second problem. Upon completing the task both of them would check each other s answer. Afterwards both students in every pair would check their answers by comparing theirs answer. After checking the answer one of group member would present their answers to the whole class and could receive feedbacks from their peers and teacher. At the final step every pair would be given another two problems and repeat the same steps of the Pairs Check.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110796

Actions (login required)

View Item View Item