Memahamkan konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung berbantuan media manipulatif melalui model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas IX.4 SMP Negeri 36 Kota Bekasi / Lilis Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung berbantuan media manipulatif melalui model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas IX.4 SMP Negeri 36 Kota Bekasi / Lilis Suryanti

Suryanti, Lilis (2017) Memahamkan konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung berbantuan media manipulatif melalui model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas IX.4 SMP Negeri 36 Kota Bekasi / Lilis Suryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryanti Lilis. 2017. Memahamkan Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbantuan Media Manipulatif Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing di KELAS IX.4 SMP NEGERI 36 KOTA BEKASI. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Media Manipulatif Penemuan Terbimbing Pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 36 Kota Bekasi siswa masih mengalami kesulitan. Salah satu materi yang sulit bagi siswa dalam pembelajaran matematika sekolah adalah luas permukaan bangun ruang sisi lengkung. Kesulitan yang dialami siswa dikarenakan kurangnya pemahaman cara menghitung menemukan dan menggunakan rumus luas permukaan bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada bulan Juli 2016 di SMP Negeri 36 kota Bekasi pemahaman siswa mengenai unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung masih rendah. Pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru dan sangat jarang menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul Memahamkan Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbantuan Media Manipulatif Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing di Kelas IX.4 SMP Negeri 36 Kota Bekasi . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang salah satu cirinya bersifat deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat memahamkan siswa tentang konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data siswa kelas IX.4 SMP Negeri 36 Kota Bekasi sebanyak 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing dapat membantu memahamkan siswa untuk konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung terdiri atas 4 tahap yaitu (1) Tahap pendahuluan yaitu guru melakukan apersepsi untuk membangkitkan motivasi dan menarik perhatian siswa. Guru mengingatkan siswa mengenai benda-benda yang berkenaan dengan bangun ruang sisi lengkung yaitu tabung kerucut dan bola (2) Tahap berujung terbuka yaitu tahap dimana siswa bebas bereksplorasi dengan media pembelajaran dengan bimbingan guru. Pada tahap ini guru membentuk kelompok siswa yang heterogen terdiri dari 4-5 siswa. Aktivitas siswa yaitu mengamati media manipulatif melakukan percobaan dan membuat jaring-jaring sesuai kreativitas siswa (3) Tahap konvergen yaitu siswa mengolah dan mengecek ulang kembali data/informasidari jaring-jaring yang telah dibuat pada tahap berujung terbuka. Data/informasi berupa bangun datar-bangun datar yang telah teridentifikasi beserta rumus-rumusnya dimasukkan pada tabel yang telah disiapkan (siswa melakukan pengumpulan pengolahan dan mengecek ulang data) dan (4) Tahap penutup dan penerapan. Kegiatan pada tahap ini yaitu melakukan presentasi kelompok diskusi dan tanya jawab antar kelompok. Guru dan siswa melakukan generalisasi terhadap hasil diskusi dan bersama-sama melakukan kesimpulan mengenai penemuan rumus luas bangun ruang sisi lengkung. Guru dan siswa dapat memahami bahwa rumus luas permukaan tabung adalah 2 960 r(r t) rumus luas permukaan kerucut adalah 960 r(r s) dan rumus luas permukaan bola adalah 4 960 r 2. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hal ini dikarenakan kriteria keberhasilan tindakan pada siklus pertama belum tercapai sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus 2. Hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa pada konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung telah tercapai. Hal ini berdasarkan data- data yang diperoleh yaitu (1) kriteria pertama untuk tes akhir siklus II siswa yang tuntas secara klasikal mencapai nilai ketuntasan 75 sebesar 82 05 % siswa. (2) Kriteria kedua yaitu tentang aktivitas guru hasil persentase skor rerata dari kedua observer adalah 90 71 % berada pada kategori sangat baik (3) Kriteria ketiga yaitu tentang kegiatan siswa hasil persentase skor rerata dari kedua observer adalah 85 47 % berada pada kategori baik. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media manipulatif dapat membantu memahamkan siswa untuk konsep luas permukaan bangun ruang sisi lengkung. ABSTRACT Suryanti Lilis. 2017. Understanding the Concept of Surface Area of Curved Surface geometric Shapes Using Manipulative Through Guided Discovery Learning in IX.4 Class of SMP Negeri 36 Kota Bekasi. Thesis. Mathematics Education Graduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Drs. Gatot Muh Setyo M.Sc. (II) Dr. Hery Susanto M.Sc. Keywords Surface Area Curved Surface Geometric Shapes Manipulative Guided Discovery Learning. In learning mathematic at Junior High School 36 Bekasi City the students still had difficulties. One of the difficult materials for students was surface area of space shape curved sides. The difficulty that experienced by the students because of they had limitation in understanding accounting discovering and use the surface area formula to the curved side space. Based on the result of preliminary study that was done by the researcher on July 2016 at Junior High School 36 Bekasi City the students understanding of Build Space Curved Sides still poor. The learning activities still focused on the teacher-centered and it was rarely to use media in learning. Based on the background above the researcher intended to conduct a research entitled Understanding The Concept of Surface Build Space Curved Sides Utilized by Manipulative Media Through Guided Discovery In Ninth Grade of Junior High School 36 Bekasi . This study used qualitative approarch with descriptive and the purpose of this study was to describe the implementation of guided discovery learning that can improve the students understanding about the concept of surface area with curved side. The type of this study was classroom action research (CAR) with the resource of the data were students class IX.4 of Junior High School 36 Bekasi City that consisted of 41 students. The result of the research shows that guided discovery learning model can help students to understand the concept of surface area of curved side space consists of four stages namely (1) Preliminary Phase (apperception the teacher did apperception to encourage the students motivation and interest. The teacher reminded the students about things related to Surface Build Space Curved Sides such as tubes cones and balls (2) an open-ended phase was a phase in which the students were free to do exploration with learning media and they were guided by the teacher. In this phase the teacher formed a heterogeneous group of 4-5 students. The students activities were doing manipulative media observation trying out and making nets based on their creativitiy (3) convergent phase is a phase in which the students process and recheck the information gotten form the nets that they have done in open-ended phase. The data/information in terms of Flat form - Flat identified along with equations included in the tables have been prepared (the students did collecting processing and re-checking the data) and (4) closing phase and implementation. Those activities were the students did presentation in group discussion answering questions among groups. Both teacher and students generalized the result of discussion and made conclussion together about discoverying the formula of spacious with curved side. The teacher and students could understand that the formula of tube surface area was 2 960 r(r t) formula cone surface area was 960 r (r s) and the formula for the surface area of the ball was 4 960 r2. The study was conducted in two cycles. It was caused by the criteria of success of the action on the first cycle was not achieved so that it needed improvement in cycle 2. The results of the research in cycle 2 shows that the success criteria of guided discovery of learning guided by manipulative media to understand students on the concept of surface area of the curved side space has been achieved. It was based on data obtained namely (1) the first criteria for the final test of cycle II students who completed the classical value 75 consisting of 82.05 %. (2) The second criteria was about the activities of the teachers the percentage of the average score of the second observer was 90.71% in the very good category (3) The third criteria was on the activities of the students the percentage of the average score of the second observer was 85.47% it was in the good category. Based on the data obtained from the study it can be concluded that guided discovery-assisted learning manipulative media can help students to understand the concept of surface area with curved side.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110795

Actions (login required)

View Item View Item