Rasyid, Anwar Nur (2017) Penerapan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII di SMPN Pagar Ayu Kabupaten Musi Rawas / Anwar Nur Rasyid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rasyid Anwar Nur. 2017. Penerapan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII di SMPN Pagar Ayu Kabupaten Musi Rawas. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D. Kata Kunci realistic mathematic education representasi matematis Kemampuan siswa dalam menganalisis masalah matematika sangat diperlukan untuk menjawab suatu permasalahan. Pada saat siswa menganalisis masalah siswa menggunakan pengetahuan terdahulu yang telah dikuasainya dengan menggunakan simbol-simbol matematika yang ada hubungannya dengan permasalahan tersebut secara abstrak. Sifat abstrak matematika menuntut siswa menggunakan kemampuan matematisnya untuk menyatakan representasi matematis permasalahan yang diajukan sebagai langkah awal dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dengan satu kali tes akhir siklus. Siklus kedua terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali tes siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari skor hasil latihan dan skor hasil tes siklus hasil observasi yang dilakukan observer serta hasil catatan lapangan yang dilaporkan observer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan menerapkan realistic mathematics education yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah dilakukan tindakan dari 73 76% pada siklus I menjadi 86 93% pada siklus II. Kemampuan representasi siswa yang mengalami peningkatan berupa representasi verbal representasi pictorial maupun representasi symbolic. Hal ini berarti perlakuan pembelajaran matematika dengan menerapkan realistic mathematics education pada materi perbandingan dalam penelitian ini telah berhasil dilaksanakan. Dalam proses pembelajarannya guru mengunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) menggunakan masalah nyata yang ada disekitar kehidupan siswa diawal proses pembelajaran (2) menggunakan instrumen matematika berupa pemodelan simbol diagram ataupun tabel yang digunakan untuk menjembatani pemahaman siswa dari bentuk informal menjadi bentuk formal (3) mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam membangun pemahaman matematika yang formal (4) mengajak siswa untuk berinteraksi seperti bertanya menyatakan pendapat atau ide menjawab pertanyaan dari siswa lainnya (5) menggunakan hubungan antara ide siswa atau materi matematika lainnya yang ada kaitannya dengan materi yang dipelajari untuk memperoleh pengetahuan matematika yang lebih kompleks. Dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran tersebut guru menstimulus dan memotivasi siswa untuk aktif berinteraksi selama proses pembelajaran berlangsung sehingga aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta ketuntasan belajar siswa juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110794 |
Actions (login required)
View Item |