Pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap pada materi pola bilangan / Helmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap pada materi pola bilangan / Helmi

Helmi (2017) Pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap pada materi pola bilangan / Helmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Helmi. 2017. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap pada Materi Pola Bilangan. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D Kata kunci Inkuiri Terbimbing Penalaran Matematis Pola Bilangan Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan yang tertuang di dalam kurikulum pendidikan matematika SMP/MTs yang berlaku di Indonesia. Namun pada faktanya kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap terutama pada materi pola bilangan masih rendah. Oleh karena itu perlu sebuah penelitian untuk memperbaiki kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 1 Mantangai Satu Atap pada materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data yang dikumpulkan adalah berupa data hasil observasi tindakan guru dan respons siswa data hasil wawancara dan data hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) tahap-tahap pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi pola bilangan yaitu (a) tahap orientasi yaitu guru menyajikan masalah tentang pola bilangan melalui kegiatan tanya jawab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (b) siswa merumuskan kembali masalah yang disajikan yaitu menentukan suku ke-n dari suatu pola bilangan (c) tahap membuat dugaan atau konjektur yakni siswa membuat dugaan berupa jawaban sementara atas masalah yang telah dirumuskan (d) tahap pengumpulan data yakni guru menyuruh siswa agar mengumpulkan informasi tambahan untuk melengkapi data awal (e) tahap menguji dugaan yaitu guru mengarahkan siswa untuk menyusun bukti atau penjelasan yang mendukung kebenaran dugaan yang telah dibuat (f) tahap merumuskan kesimpulan yakni siswa membuat kesimpulan berupa jawaban atau temuan yang telah diyakini kebenarannya terkait dengan rumusan masalah (g) mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok dan (h) refleksi. (2) Pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110793

Actions (login required)

View Item View Item