Penerapan kegiatan mengamati dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan siswa bertanya pada pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP Negeri 1 Rikit Gaib / Wasinto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kegiatan mengamati dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan siswa bertanya pada pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP Negeri 1 Rikit Gaib / Wasinto

Wasinto (2017) Penerapan kegiatan mengamati dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan siswa bertanya pada pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel kelas VII SMP Negeri 1 Rikit Gaib / Wasinto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wasinto. 2017. Penerapan Kegiatan Mengamati dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Bertanya pada Pembelajaran Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rikit Gaib. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D. Kata kunci mengamati keaktifan siswa bertanya saintifik Pembelajaran matematika di sekolah penting mengembangkan keaktifan siswa bertanya. Guru harus menghadirkan kegiatan yang dapat meningkatkan keaktifan siswa bertanya dalam pembelajaran. Kegiatan mengamati dalam pendekatan saintifik efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa bertanya. Pada kenyataannya masih ada kendala terkait keaktifan siswa bertanya di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan kegiatan mengamati yang dapat meningkatkan keaktifan siswa bertanya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib. Data keaktifan siswa bertanya dalam penelitiann ini berdasarkan observasi keaktifan siswa bertanya yang diajukan secara tertulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib pada bulan Januari-Februari 2017 (semester gasal) tahun pelajaran 2016/2017 pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil observasi keaktifan siswa bertanya meningkat 14 40% dari 68 57% pada siklus I menjadi 82 97% pada siklus II berada pada kriteria baik. Ketuntasan keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I adalah 56 52% sedangkan pada siklus II adalah 91 30%. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan sebesar 34 78% dari siklus I ke silkus II. Kegiatan guru dan siswa meningkat sebesar 4 16% dari 85 42% pada siklus I menjadi 89 58% pada siklus II berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mengamati dalam pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan siswa bertanya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib. ABSTRACT Wasinto. 2017. The Application of Observing Activities In Scientific Approaches that Can Enhance Students activness in questioning on Linear Equation and Inequalities in One Variable of the Students Grade VII-1 at SMP Negeri 1 Rikit Gaib. Thesis. Mathematics Education Graduate Program State University of Malang. Preceptor (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. Keywords observing students activity in questioning scientific Teaching mathematics at schools is intended to develop students activness in questioning. The Teacher should give the observing activity that can enhance students activness in questioning in the teaching. Observing activities in the effective learning scientific can enhance students activness in questioning. The existing phenomenon shows that problems in students s activness in questioning in class VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib. The purpose of this study is to describe the aplication of observing activities in scientific approaches that can enhance students activness in questioning on linear equation and inequalities in one variable of the seven grade students SMP Negeri 1 Rikit Gaib. Students activeness in questioning data in this research is based on the observation of the students activeness in questioaning submited in writing This study used a qualitative approach with the research type is Classroom Action Research (CAR). Collecting data in this study was conducted in classes VIII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib on Januari-Februari 2017 (even semester) in the academic year 2016/2017 in linear equation and inequalities in one variable of students consisted of 23 students. The result of this research shows that the data of observation result of student s activeness in question enhance increased 14 40% from 68 57% in cycle I to 82 97% in cycle II is in good criteria. Students completeness of classical activity in cycle I is 56 52% while in cycle II is 91 30%. This shows an increase of 34.78% from cycle I to cycle II. The activity of teachers and students increased by 4.16% from 85.42% in the first cycle to 89.58% in cycle II is in very good criteria. Based on these results it can be concluded that the application of observing activities in a scientific approach can enhance students activity in questioning on linear equations and inequalities in one variable of student class VII-1 SMP Negeri 1 Rikit Gaib

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110791

Actions (login required)

View Item View Item