Diagnosis kesalahan siswa SMA Negeri Candipuro dalam menyelesaiakan soal Penerapan Turunan Fungsi serta upaya mengatasinya dengan scaffolding / Bagus Nur Iman - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesalahan siswa SMA Negeri Candipuro dalam menyelesaiakan soal Penerapan Turunan Fungsi serta upaya mengatasinya dengan scaffolding / Bagus Nur Iman

Iman, Bagus Nur (2017) Diagnosis kesalahan siswa SMA Negeri Candipuro dalam menyelesaiakan soal Penerapan Turunan Fungsi serta upaya mengatasinya dengan scaffolding / Bagus Nur Iman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Iman Bagus. 2017 Diagnosis Kesalahan Siswa SMA Negeri Candipuro dalam Menyelesaikan Soal Penerapan Turunan Fungsi serta Upaya Mengatasi dengan Scaffolding Kata Kunci Diagnosis Kesalahan Penerapan Turunan Fungsi Scaffolding Daya serap siswa menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi pada UN 2014/2015 di SMA Negeri Candipuro hanya 1 63 sedangkan pada tingkat kabupaten daya serap siswa pada materi penerapan turunan fungsi hanya 5.97. Rendahnya daya serap siswa menunjukan banyaknya kesalahan siswa menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi. Untuk membantu siswa mengatasi kesalahan perlu diketahui terlebih dahulu apakah kesulitan atau kesalahan yang dihadapi siswa baru kemudian dianalisis dan dirumuskan pemecahannya.Untuk keperluan ini diperlukan suatu diagnosis terhadap fenomena tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah dengan memberikan bantuan berupa scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan turunan fungsi dan bagaimana proses scaffolding dapat mengatasi kesalahan siswa dalam penyelesaian soal-soal penerapan turunan fungsi di SMA Negeri Candipuro Lumajang. Penelitian ini menggunakan klasifikasi kesalahan Newman dan menggunakan scaffolding yang dikembangkan oleh Julia Anghilari untuk upaya mengatasi kesalahan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif difokuskan berdasar pada fenomena yang diteliti yaitu adanya kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal penerapan turunan fungsi serta upaya mengatasinya dengan penerapan scaffolding yang dikembangkan oleh Julia Anghileri. Subjek yang dipilih sebanyak 8 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah kesalahan subjek penelitian yang tertulis dalam lembar jawaban siswa serta kata-kata dan tindakan atau perilaku subjek penelitian selama berinteraksi dengan peneliti. Berdasarkan hasil diagnosis diketahui jenis jenis kesalahan dan proses scaffolding yang dapat membantu mengatasi kesalahan siswa antara lain (1) kesalahan membaca dapat diatasi dengan reviewing looking and verbailising restructuring (2) kesalahan memahami soal dapat diatasi dengan reviewing looking and verbailising prompting and probing restructuring (3) transformation error dapat diatasi dengan explaining looking and verbailising probing and prompting prallel modelling negotiation meaning (4) procces and skill error dapat diatasi dengan explaining looking and verbailising probing and prompting prallel modelling (5) encoding error dapat diatasi dengan reviewing looking and verbailising. ABSTRACT Nur Iman Bagus. 2017 Error Diagnose SMA Negeri Candipuro students in Problem Solving Application of Derivative Function and effort with Scaffolding Keywords Diagnose Error Derivative Application Function Scaffolding Absorptive capacity of students to solve problems in the UN 2014/2015 application derivative function at the provincial level is only 1.63 whereas at the district level students absorption in the material application of the derivative function only 5.97. Low absorptive capacity of the students .showing that there are many students error when solving about application derivative function . To help students overcome the mistakes need to know in advance whether or errors encountered difficulties students and then analyzed and formulated how to solve it. In order to this purpose we need a diagnose to the phenomenon. One effort to overcome the errors made by the students is to provide assistance in the form Scaffolding. This study aims to determine any errors that occur in students when solving problems of the application of the derivative function and how the scaffolding process can solve the students error in solving problems of the application of the derivative function. This research method is descriptive qualitative focused based on the phenomenon under investigation namely the existence of the mistakes made by students when solving application of the derivative function as well as efforts to cope with the implementation of scaffolding developed by Julia Anghileri. Subjects were selected as 8 people. Sources of data in this study is the research subject error is written in the answer sheets of students as well as the words and the actions or behavior of research subjects for interacting with researchers. Based on the results of the diagnosis of unknown types of error and the scaffolding that can help address students errors among others (1) a read error can be resolved by reviewing looking and verbailising restructuring (2) understand about the error can be resolved by reviewing looking and verbailising prompting and probing restructuring (3) transformation error can be resolved by explaining looking and verbailising probing and prompting prallel modeling negotiation meaning (4) procces and skill error can be resolved by explaining looking and verbailising pr obing and prompting prallel modeling (5) encoding error can be resolved by reviewing looking and verbailising.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110789

Actions (login required)

View Item View Item