Penerapan strategi REACT berbantuan media manipulatif untuk memahamkan materi pecahan siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar / Nunung Srimulyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi REACT berbantuan media manipulatif untuk memahamkan materi pecahan siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar / Nunung Srimulyani

Srimulyani, Nunung (2017) Penerapan strategi REACT berbantuan media manipulatif untuk memahamkan materi pecahan siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar / Nunung Srimulyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Srimulyani Nunung. 2017. Penerapan Strategi REACT Berbantuan Media Manipulatif untuk Memahamkan Materi Pecahan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci Strategi REACT Media Manipulatif Pemahaman Pecahan. Belajar dengan menekankan pada pemahaman merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Belajar dengan pemahaman akan lebih melekat dalam ingatan siswa. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategi REACT (Relating Experiencing Applaying Cooperating dan Transfering) dengan bantuan media manipulatif yang dapat memahamkan siswa kelas VII pada materi pecahan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Peneliti berperan sebagai pelaku tindakan dan partisipan penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar sebanyak 32 siswa. Keberhasilan tindakan dilihat dari aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil tes akhir siklus. Penerapan strategi REACT dikatakan telah berhasil memahamkan siswa jika skor tes ahir siklus minimal 80% dari keseluruhan siswa mencapai nilai 8805 75 kemudian aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kriteria baik atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan media manipulatif yang dapat memahamkan siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banjar dilakukan dengan karakteristik sebagai berikut (1) guru melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi prasyarat dan materi pecahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari di sekitar siswa (2) guru meminta siswa menemukan konsep melalui kegiatan-kegiatan penyelesaian masalah sehari-hari dalam LKS dan diilustrasikan dengan media persegi pecahan (3) guru memberian pengarahan kepada siswa yang mengalami kesulitan saat kegiatan experiencing dan applying (4) guru menunjuk kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil kerjanya pada tahap experiencing dan applying (5) guru meminta siswa menggunakan media persegi pecahan pada saat presentasi hasil experiencing dengan menempel media di papan tulis (6) pembentukan kelompok yang berbeda dari siklus I ke siklus II dan (7) guru meminta siswa melakukan kegiatan transfering secara individu. Hal ini terlihat dari (1) hasil tes akhir siklus I terdapat 21 siswa dari 32 siswa atau 66% dari seluruh siswa telah mencapai nilai 8805 75 dengan kata lain siswa tersebut telah memahami materi bentuk pecahan pecahan senilai mengubah bentuk peacahan dan membandingkan bilangan pecahan namun masih terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai 75 sebagian besar dari siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menyatakan kembali konsep pecahan senilai mengubah bentuk pecahan dan mengurutkan bentuk pecahan kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu terdapat 27 siswa atau 84% dari seluruh siswa telah mencapai nilai 8805 75 siswa tersebut telah memahami materi operasi pada bilangan pecahan (penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian) dan hanya 5 siswa yang mendapatkan nilai 75 siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda (2) aktivitas siswa pada siklus I pada kriteria baik kemudian pada siklus II pada kriteria sangat baik (3) aktivitas guru pada siklus I dan siklus II pada kriteria sangat baik. ABSTRACT Srimulyani Nunung. 2017. Implementing REACT Strategy Combine with Manipulative Media to Comprehend the Fraction Material in Grade VII-A of SMP Negeri 5 Banjar. Thesis Mathematics Education. Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Keywords REACT Strategy Manipulative Media Comprehension Fraction. Learning that emphasis on the student s comprehension is very important in learning maths. Learning by comprehending will make the students remember it in their memory. In this study the researcher did classroom action research that aims to describe the steps of REACT strategi (Relating Experiencing Applying Cooperating and Transfering) by using manipulative media to comprehend the students of class VIIA fraction material. This classroom action research was done in two cycles. The researcher had the role as a teacher and the participant of this research were 32 students of VII A at SMP Negeri 5 Banjar. The criteria of success could be seen in teacher and students activities and the score test in the last cycle. The research was succesful if the score of the test in the last cycle was above 80% and the students s score should be 8805 75 then the teacher s and students activity was in good or very good criteria. The research findings shows that learning activities using REACT strategy assisted manipulative media conducted by seventh graders of SMP Negeri 5 Banjar has been done with certain characteristics as follows 1) teacher conducted question and answer session along with students related to precondition and fraction disclose to students daily life 2) teacher asked students to discover a concept related to the material by problem solving activities using students work sheet illustrated by fraction square media 3) during experiencing and applying activities teacher assists students who experience difficulties in comprehending material. 4) teacher randomly appointed group to present the material while experiencing and applying session 5) students were asked to stick the fraction square media in whiteboard while there present the result of experiencing stage 6) from cycle 1 to cycle 2 teacher employ different grouping techniques 7) teacher asked students to conduct transferring stage individually. It can be seen from 1) the score acquired from cycle 1 there are 21 out of 32 or 66% students whose obtain score 8805 75 in other word these 66% students has mastered forms of fraction equivalent fraction transforming form of fractions and comparing fraction on the other side there are 11 students who still experienced difficulty in mastering those material in the next cycle the rate of successful students was increased from 66% to 84% 2) students activeness 1st cycle is good and on 2nd cycle the criteria was increased to be very good 3) teacher activeness both in 1st and 2nd cycle is on very good criteria.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110788

Actions (login required)

View Item View Item