Rina (2017) Pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa / Rina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rina. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share media manipulatif pemahaman konsep perbandingan. Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan di kelas dimana siswa tidak dapat memahami dan menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai karena tidak memahami konsep perbandingan. Hal ini disebabkan karena guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep. Proses pembelajaran hanya berorientasi pada penjelasan memberikan beberapa contoh soal dan cara menjawabnya. Setelah itu siswa mengerjakan latihan berdasarkan contoh yang diberikan. Pembelajaran menjadi tidak tidak menarik bagi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa. Melalui penelitian ini guru diharapkan dapat menemukan cara yang tepat untuk perbaikan kualitas pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis Taggart (2014) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMPN Satu Atap 5 Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat dan subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti sebagai guru menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media manipulatif berdasarkan sintaks yaitu (1) siswa memikirkan dan menyelesaikan masalah sendiri tanpa ada bantuan teman ataupun guru (think) (2) siswa mendiskusikan masalah (pair) untuk saling mengoreksi dan menemukan jawaban yang paling benar dan (3) siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di kelas (share). Siswa menggunakan media manipulatif untuk menemukan dan memahami konsep. Para siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa yang berada pada kategori baik. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal hasil penelitian pada siklus pertama tidak berhasil. Hasil unjuk kerja LKS kuis dan tes akhir hanya 73 91%. Sedangkan kriteria keberhasilan yang disarankan yaitu minimal 75% dari siswa memperoleh 75. Penyebabnya adalah ketidakpahaman siswa pada materi prasyarat yaitu pecahan penyelesaian persamaan linear satu variabel dan memasukkan data ke dalam tabel dan grafik. Namun dalam siklus kedua ketuntasan belajar klasikal telah sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu 86 96%. Ini membuktikan bahwa pembelajaran pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perbandingan. ABSTRACT Rina. 2017. Think Pair Share Learning Strategy Combined with Manipulatifs Media to Improve Students Math Comprehension. Department of Mathematics Education Graduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. I Nengah Parta S. Pd M. Si. Keywords Think Pair Share Learning Strategy Manipulatif Media Understanding the Concept Proportion. This research underlied to students problems in the classroom in which the students can not understand and solve direct and inverse proportion problem because they did not understand the concept of proportion. It was caused by the teacher who did not involved the students actively in finding the concept. Learning process was only oriented to explaination giving several items and how to answer it. After that students do the exercises based on the examples. Learning became not interesting for students. The purpose of this study is to describe think pair share learning strategy combined with manipulatif media to improve students math comprehension. Through this study teacher is expected can find appropriate strategy to improve the quality of instruction in improving understandig the concept. This study is a Classroom Action Research (CAR) based on Kemmis Taggart model (2014) which follow 4 stages namely planning action observation and reflection. These stages were implemented in two cycles. This research was conducted in SMPN Satu Atap 5 Palembayan Agam regency West Sumatra and the subjects of this study were 23 students of seventh grader. The study revealed that researcher as a teacher implemented think pair share strategy combined with manipulatifs media based on three sintaxs i.e (1) the students think and solve their problems independently (think) (2) the students discuss the problems for getting feedback and finding the best answer (pair) (3) the students present their work in the classroom (share). The students used manipulatifs media to find and understand the concept. The students were actively involved during the learning process. It can be seen from the result of students and teacher activities observation in good categorized. Based on classical learning mastery the result of first cycle was not improve. The result of students worksheet quiz and final test only 73 91%. However the criteria of succes that was suggested was minimum 75% from all students. It was caused by the students have no well understanding about compulsory material i.e fraction linear equation one variable solution and input the data into table and chart. Nevertheless in the second cycle the classical learning mastery has been appropriate with the criteria of success was 86 96%. It proved that think pair share learning strategy combined with manipulatifs media can improve students understanding about comparison concept.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110787 |
Actions (login required)
View Item |