Pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan kartu papan bermagnet untuk meningkatkan pemahaman operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bitung / Eka Mery Fatmawati Sukarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan kartu papan bermagnet untuk meningkatkan pemahaman operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bitung / Eka Mery Fatmawati Sukarno

Sukarno, Eka Mery Fatmawati (2017) Pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan kartu papan bermagnet untuk meningkatkan pemahaman operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bitung / Eka Mery Fatmawati Sukarno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukarno Eka Mery Fatmawati. 2017.Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Kartu Papan Bermagnet untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bitung Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe NHT kartu papan bermagnet pemahaman Bilangan bulat merupakan materi yang diajarkan pada siswa kelas VII. Bilangan bulat merupakan materi dasar untuk mempelajari aljabar dan fungsi sehingga siswa harus memahaminya. Kenyataan menunjukkan siswa di SMP Negeri 9 Bitung memiliki kesulitan dalam mempelajari materi bilangan bulat. Berdasarkan observasi awal di kelas VII-A sebanyak 69 57% siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan kartu papan bermagnet untuk meningkatkan pemahaman operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bitung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan partisipan siswa-siswa kelas VII-A yang berjumlah 21 siswa. Instrumen utama PTK ini adalah peneliti sebagai guru matematika di kelas VII-A SMP Negeri 9 Bitung. Instrumen pendukungnya berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa soal kuis dan tes akhir siklus lembar catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Langkah-langkah pembelajaran dalam PTK ini meliputi (1) penomoran (2) pengajuan pertanyaan (3) berpikir bersama dan (4) menjawab. Pada tahap penomoran guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen dan membagikan nomor pada masing-masing anggota kelompok. Tahap pengajuan pertanyaan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada setiap kelompok. Tahap berpikir bersama siswa berdiskusi bersama kelompoknya untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan media kartu papan bermagnet. Pada tahap menjawab guru meminta siswa dengan nomor tertentu untuk berdiri kemudian guru memilih salah satu dari mereka untuk mempresentasikan jawaban. Siswa yang mencapai nilai KKM pada kuis 1 45% kuis 2 78 95% kuis 3 85% dan tes akhir siklus I 57 14% . Hasil ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan penelitian belum tercapai yaitu minimal 75% siswa mencapai KKM 78 atau bahkan lebih. Siswa yang mencapai nilai KKM pada kuis 4 76 19% dan tes akhir siklus II 80 95%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan penelitian telah tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110786

Actions (login required)

View Item View Item