Dewi, Mita Putri Citra (2017) Pengembangan LKS berbantuan ular tangga pada materi logaritma kelas X SMA / Mita Putri Citra Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Mita Putri Citra. 2017. Pengembangan LKS Berbantuan Ular Tangga pada Materi Logaritma Kelas X SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci LKS Logaritma Pengembangan Ular Tangga Langkah pertama dalam keberhasilan belajar adalah menyenangi pelajaran tersebut. Agar keberhasilan belajar terwujud maka guru harus berusaha agar pelajaran menarik. Salah satu upaya untuk membuat pembelajaran menarik yaitu penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS berbantuan ular tangga. LKS dan ular tangga dalam media ini saling berkaitan. LKS memuat konsep sedangkan ular tangga memuat latihan-latihan soal untuk materi yang dipelajari. Media pembelajaran LKS berbantuan ular tangga ini dapat digunakan untuk materi logaritma. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbantuan ular tangga bagi siswa kelas X di SMAN 6 Malang yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari langkah-langkah pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba adalah siswa kelas X MIA 3 di SMAN 6 Malang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Untuk menilai kualitas LKS dikembangkan juga rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) dan instrumen penelitian yang berupa angket respon siswa dan tes penguasaan hasil belajar. Rata-rata hasil uji validasi oleh dua orang ahli/praktisi yaitu LKS 3 4 RPP 3 4 angket respon siswa 3 2 dan lembar tes penguasaan hasil belajar 3 3. Jadi LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan. Sedangkan untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan LKS dilakukan uji coba. Kepraktisan LKS diperoleh dari angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata nilai tidak kurang dari 3 hasil angket respon siswa adalah 3 24. Keefektifan LKS dilihat dari tingkat ketuntasan kelas yang diperoleh dari nilai latihan dan nilai tes akhir. Tingkat penguasaan hasil belajar dan latihan yaitu 88 89%. Berdasarkan uji kepraktisan dan uji keefektifan LKS memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Dengan demikian dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan valid praktis dan efektif. Saran pembelajaran menggunakan LKS ini antara lain (1) perbanyak waktu pada tahap penerapan (2) setiap kelompok sebaiknya dicek oleh guru untuk tidak adanya kecurangan dalam menyelesaikan kartu soal pada ular tangga. ABSTRACT Dewi Mita Putri Citra. 2017. The Development of Worksheet (LKS) Assisted by Snakes and Ladders on Logarithm for X Grade High School. Thesis Mathematics Education Postgraduate State University of Malang. Supervisor (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Keywords The Development Logarithm Snakes and Ladders Worksheet (LKS) The first step for the learning success is to get to enjoy the subject. In order to make the learning success comes true the teacher should try to make the lesson to be interesting for the students. One attempts to make the learning to be more interesting is using instructional media. Instructional media is anything that can be used to convey a message or information to the learning process so it can stimulate students attention and interest in learning a subject. Instructional media used in this study is a worksheet assisted by Snakes and Ladders. A worksheet is interrelated with Snakes and Ladders in this medium. The worksheet holds concepts while Snakes and Ladders embodies exercise for the material being studied. A worksheet assisted by Snakes and Ladders instructional media can be used for material on logarithm. This research aims to develop a valid practical and effective worksheet which is assisted by Snakes and Ladders for X grade students of SMAN 6 Malang. The development model used is Four-D Models which consist of steps defining designing developing and disseminating. Subject tests are 27 students of X grade MIA 3 in SMAN 6 Malang in 2016/2017 academic year. To assess the quality of the worksheet Lesson Plan (RPP) research instruments in the form of student questionnaire and learning outcomes examination are conducted. The results of the validation test by two experts/practitioners the worksheet 3.4 the student questionnaire responses 3.2 and the test sheet mastery learning outcome 3.3. It concludes that the developed worksheet meets the validity criteria. The examination is conducted as for determining the practicality and effectiveness of the worksheet. The practicality of the worksheet obtained from the student questionnaire responses which show the average score is not less than 3 the result of the student questionnaire response is 3.24. The effectiveness of the worksheet seen from the thoroughness of the class derived from exercise and the final test score. Mastery level learning outcomes and exercises is 88.89. Based on the tests of practicality and effectiveness it was concluded that the worksheet meets the criteria. Thus we can conclude that the developed worksheet is valid practical and effective. Suggestions for how to use the worksheet (1) extend learning time of the implementation (2) each group should be checked by a teacher to prevent student cheating when doing the exercise of Snakes and Ladders.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110785 |
Actions (login required)
View Item |