Dewi, Ratna Sari (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran persamaan lingkaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan software geogebra / Ratna Sari Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Ratna Sari. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Geogebra.Tesis.Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr.Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (II) Dr.Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik geogebra persamaan lingkaran. Perangkat pembelajaran merupakan faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu menyusun perangkat yang sesuai dengan karakteristik siswa dan sekolah merupakan tugas penting bagi guru. Perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk menarik minat belajar siswa jika dikombinasikan dengan metode dan media yang tepat. Pendekatan saintifik dianggap mampu mengembangkan kemampuan siswa dari segala aspek sikap pengetahuan dan ketrampilan. Penggunaan geogebra di dalam kelas matematika terbukti mempunyai dampak positif serta mampu menjadi alat bantu bagi guru dalam membangun pengetahuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran persamaan lingkaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan berbantuan software geogebra. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa(LKS). Perangkat pembelajaran dikembangkan mengikuti model pengembangan 4D (four-D models) yang diusung oleh Thiagaradjan. Tahap pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 1)Tahap pendefinisian (define) yang dilakukan melalui analisis awal-akhir analisis siswa analisis konsep analisis tugas serta spesifikasi tujuan pembelajaran 2)Tahap perancangan (design) yang dilakukan dengan merancang instrumen RPP dan LKS 3)Tahap pengembangan (develop) yang dilakukan melalui validasi ahli dan ujicoba lapangan. Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Produk hasil pengembangan adalah RPP dan LKS yang mempunyai kualitas Valid Praktis dan Efektif. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator ahli. RPP dan LKS dinyatakan Valid. Perangkat yang telah dinyatakan valid diujicobakan di lapangan untuk menentukan kepraktisan dan keefektifannya. Uji kepraktisan dilakukan melalui observasi aktifitas guru oleh dua orang observer. Hasil observasi guru menunjukkan nilai aktifitas guru berada pada kategori sangat baik sehingga perangkat dinyatakan Praktis. Keefektifan perangkat dilihat dari tiga hal yaitu keaktifan siswa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Observasi siswa dilakukan oleh dua orang observer dan perolehan nilai keaktifan siswa menyatakan bahwa siswa sangat aktif. Tes hasil belajar dilakukan sebanyak dua kali THB1 dan THB2 dimana keduanya memenuhi kriteria keefektifan tes hasil belajar. Angket respon siswa menunjukkan bahwa respon kelas positif. Dari hasil keaktifan siswa tes hasil belajar dan respon siswa maka perangkat dikatakan Efektif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan mempunyai kualitas Valid Praktis dan Efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110783 |
Actions (login required)
View Item |