Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa SMP / Amos Patiung - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa SMP / Amos Patiung

Patiung, Amos (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa SMP / Amos Patiung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Patiung Amos. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperaitf Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Prodi Pendidikan Matematika. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. Kata Kunci STAD Keaktifan Siswa Hasil Belajar SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII-1 SMPN 2 Malinau Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan subjek penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan partisipannya adalah 37 siswa kelas VIII-1 SMPN 2 Malinau Kota Kabupaten Malinau Kalimantan Utara tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi (1) hasil observasi aktivitas guru (2) hasil observasi aktivitas siswa (3) hasil observasi keaktifan siswa (4) tes hasil belajar (5) hasil wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitaitf dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa adalah sebagai berikut (1) hasil tindakan guru berdasarkan tahap-tahap pembelajaran STAD yaitu tahap (a) menyajikan informasi menginformasikan materi pembelajaran memulai pembelajaran dengan tanya jawab berkaitan dengan konten materi yang akan dipelajari menyampaikan tujuan pembelajaran melaui power point menjelaskan pentingnya materi yang dipelajari. (b) pembentukan kelompok peneliti membagi siswa kedalam kelompok-kelompok berdasarkan kemampuan akademik (tinggi sedang rendah) dan jenis kelamin membentuk kerja kelompok berbentuk letter U. (c) diskusi kelompok peneliti membagikan LKS berdiskusi dengan teman kelompoknya membantu siswa yang mengalami kesulitan menghimbau kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahan secara berkelompok. (d) presentasi kelompok menunjuk beberpa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya menyiapkan minimal satu pertanyaan untuk kelompok yang presentasi. (e) kuis memberikan soal kuis yang kategorinya sama dengan yang ada di LKS pada saat diskusi kelompok. (f) penghargaan memberikan penghargaan kepada semua kelompok berupa snack/makanan (lolipop dan coklat). (2) keaktifan siswa dalam pembelajaran tercermin dalam tindakan-tindakan berikut (a) meningkatnya kemampuan siswa dalam bertanya (b) meningkatnya kemampuan siswa dalam negajukan pendapat (c) meningakatnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan (d) meningkatkanya kemampuan siswa dalam berdiskusi (e) meningkatnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru dan (f) meningkatnya kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas. (3) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa berada pada kriteria baik dan sangat baik. (4) data hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir setiap siklus. Secara keseluruhan siswa telah mencapai kriteria minimal baik sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditentukan. (5) hasil wawancara menunjukkan respon yang positif dari siswa terkait dengan penerpaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematikan siswa dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110782

Actions (login required)

View Item View Item